Rakor Pariwisata Fokuskan Pengembangan Destinasi Wisata di Babel

Sungailiat, Bangka - Dalam rangka pengelolaan destinasi pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kementerian Pariwisata RI melalui Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi dalam rangka Workshop Fasilitasi Pengembangan Destinasi Wilayah Barat Area IV di Bangka Belitung, di Hotel Parai, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (4/10/2018).

Rakor tersebut bertujuan untuk mengkoordinasikan progress pengembangan destinasi wisata di Bangka Belitung. Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional I pada Kementerian Pariwisata RI, Lokot Ahmad Enda, menyebutkan Bangka Belitung memiliki potensi yang sangat beragam. Keragaman ini menarik untuk dipetakan agar memudahkan wisatawan saat berkunjung. Bangka Belitung memiliki daya tarik wisata yang sangat beragam, mulai dari budaya, sejarah, kuliner, bahari, maritim, buatan, bahkan echowisata juga ada.

Lokot juga mengatakan apabila destinasi wisata dikelola dengan tepat, akan memudahkan dalam pencapaian target. "Keadaan atau kondisi pariwisata Bangka Belitung yang sekarang ini nanti dapat direkap, untuk kemudian diproyeksikan target pariwisatanya seperti apa,"  katanya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rivai menjelaskan bahwa komunikasi dan koordinasi adalah elemen penting yang dibutuhkan dalam pembangunan pariwisata daerah. "Pariwisata adalah pembangunan multi sektor yang didalam pengembangannya tidak dibatasi oleh wilayah administratif, sehingga komunikasi dan koordinasi menjadi elemen penting yang dibutuhkan dalam sinergi pembangunan kepariwisataan daerah," kata Rivai.

Berkaitan hal tersebut, Rivai melanjutkan bahwa ada empat elemen yang harus dipersiapkan yaitu destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata, kelembagaan dan industri pariwisata. Keempat elemen ini sekaligus menjadi dasar pembangunan kepariwisataan suatu daerah, lanjutnya.

"Pada hari ini kita akan fokus pada salah satu elemen kepariwisataan daerah, yakni destinasi pariwisata. Ada empat aspek pembentuk destinasi pariwisata yang akan dibahas, yakni amenitas, aksesibilitas, atraksi wisata, dan pemberdayaan masyarakat di daerah destinasi," tambahnya.

Rakor ini dihadiri oleh sejumlah instansti terkait, asosiasi pariwisata, dan stakeholder. Materi yang disampaikan antara lain, Arahan Kebijakan Pengembangan Destinasi Pariwisata Nasional, Pengembangan Destinasi Pariwisata Bangka Belitung, Progres Perkembangan Pariwisata Bangka Belitung, dan Arah Kebijakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pariwisata 2019.

Dalam rakor ini juga, setiap Kepala Disbudpar kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memaparkan Perkembangan Destinasi Pariwsata. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan diskusi 3 Top Program dalam rangka pengembangan 3A tahun 2019 masing-masing kabupaten/kota.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Fotografer: 
Rafiq Elzan