Rakorgub se Sumatera Hasilkan Sepuluh Kesepakatan

Aceh – Sepuluh kesepakatan dihasilkan Rapat Koordinasi Gubernur se Sumatera di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa malam (12/5/2015). Sepuluh kesepakatan ini bertujuan mempercepat pembangunan di wilayah Sumatera. Salah satu kesepakatan tersebut yakni, memperkuat kemandirian energi.

Kegiatan ini diharapkan dapat membangun konektivitas atau hubungan antar provinsi di Sumetera. Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mencontohkan, konektivitas jaringan listrik bawah laut yang pernah disepakati dengan Sumatera Selatan tahun lalu. Hal ini mengingat listrik masih menjadi kendala bagi investasi.

“Ketika bicara tentang investasi, listrik merupakan masalah utama,” tegasnya saat ditemui babelprov.go.id, sebelum kegiatan Rakorgub se Sumatera di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Senin (11/5/2015).

Focus lainnya, jelas Gubernur, mengenai jalur penerbangan yang menjadi konektivitas Bangka Belitung dengan provinsi lainnya di Sumatera. Karena saat ini Bangka Belitung hanya terhubung dengan Palembang. Sedangkan untuk jalur pemasok sayur mayur dan kebutuhan pangan lain yang selama ini datang dari Jakarta, meengapa kita tidak memasoknya dari Sumatera.

Sebagaimana diketahui, upaya pencapaian tujuan tersebut telah dilakukan pembahasan atas agenda-agenda di antaranya, agenda pertama review kesepakatan rapat koodinasi forum gubernur se Sumatera tahun 2013 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Agenda kedua, membahas mengenai isu strategis pembangunan Sumatera yang memerlukan dukungan dan perhatian kementerian/lembaga dan pemerintah daerah serta secara administratif dan teknis akan ditindak lanjuti oleh gUbernur terkait. Selain itu ada agenda menyepakati logo forum gubernur se Sumatera, menyepakati tuan rumah dan ketua forum gubernur se Sumatera tahun 2016 adalah Provinsi Lampung.

Sebelumnya Yan Megawandi Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ditemui di lobby Hotel Hermes Palace, Aceh menjelaskan, sepuluh kesepakatan tersebut di antaranya, meningkatkan produksi pangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan, mendorong upaya pelestarian lingkungan dalam skema pembanguan yang bekelanjutan.

“Ada juga kesepakatan memperkuat kapasitas sumber daya manusia dan menumbuhkan daya inovatif masyarakat menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN,” jelasnya.

Sepuluh Rapat Koordinasi Gubernur se Sumatera

Meperkuat konektivitas antar pusat pertumbuhan Sumatera
Memperkuat kemandirian energi
Meningkatakan produksi pangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan
Mendorong upaya pelestarian lingkungan dalam skema pembanguan yang bekelanjutan
Memerkuat kapasitas sumber daya manusia dan menumbuhkan daya inovatif masyarakat menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
Mendorong semua provinsi yang memiliki wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil se Sumatera untuk melakukan kerja sama pengembangan bidang ekonomi
Mendorong peran pemerintah dan swasta untuk membanguan kawasan industri hilir sesuai potensi daerah
Mendorong peningkatan kunjungan wisata ke wilayah Sumatera
Memperbanyak kerja sama bagi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak
Mendesak pemerintah pusat untuk penguatan kapasitas keuangan daerah melalui alokasi dana bagi hasil (DBH) sektor perkebunan terutama crude palm oil (CPO) dan karet

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Evani
Editor: 
Huzari