Rapat Teknis Awali Puncak Acara Rakor Gubernur se-Sumatera Tahun 2017

Jambi - Pada tahun 2017, Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) se-Sumatera akan diselenggarakan di Jambi. Sebelum acara puncak, masing-masing delegasi dari 10 (sepuluh) provinsi melakukan rapat teknis, pada Minggu (08/10/2017) malam bertempat di SwissBell Hotel, Jambi.

Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ir. Budiman Ginting mengungkapkan bahwa rapat teknis ini bertujuan supaya usulan serta program kegiatan antar provinsi di wilayah Sumatera dapat saling mendukung dan bersinergis.

"Rapat teknis ini memiliki nilai strategis bagi Bangka Belitung agar program yang berkaitan dengan pembangunan Bangka Belitung dapat disampaikan secara lebih detail. Di sisi lain agar program tersebut dapat masuk dalam program skala nasional," jelas Budiman.

Budiman menjelaskan, rapat teknis tersebut membahas 3 (tiga) agenda, yaitu bidang infrastruktur, sosial budaya dan ekonomi. Masing-masing provinsi akan menyampaikan program strategis dengan tujuan untuk kesinambungan pembangunan di wilayah Sumatera.

"Program strategis kita adalah meningkatkan status bandara H.A.S Hanandjoeddin menjadi bandara internasional. Langkah tersebut untuk mendukung pariwisata yang menjadi salah satu sektor unggulan Babel. Kita berharap Kawasan Strategis Bangka Belitung lainnya masuk ke dalam Program Strategis Nasional," jelas Budiman.

Budiman juga menyampaikan bahwa Kabupaten Bangka Selatan akan menjadi tujuan Science Park dan Techno Park berbasis perkebunan lada." Tindak lanjutnya adalah Bangka Belitung dapat mempersiapkan lahan sesuai kebutuhan tersebut," kata Budiman.

Selain itu, Budiman juga menjelaskan rencana pertukaran pelajar mahasiwa antar provinsi di wilayah Sumatera, dan telah ditandatanganinya kerjasama dengan Universitas Lampung. "Pada 2018 nanti Bangka Belitung telah menyampaikan kesiapan untuk melaksanakan program AIESEC, dimana kita telah sukses menyelenggarakannya pada tahun 2017," jelas Budiman.

Beberapa point penting lainnya yang diangkat dalam rapat teknis tersebut antara lain pengembangan potensi dan kawasan industri maritim Sumatera, peningatan potensi dan produksi kelautan perikanan, serta mempercepat penyelesaian batas antara Provinsi Kepulauan Riau dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri.

Selain dari Bappedalitbang, nampak hadir tim teknis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diantaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Permukiman Rakyat, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Tenaga Kerja.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian