Ratnawati Setiadi Jonan Ajak Para Wanita Lakukan Test IVA

Pangkalpinang – Bulan Oktober dicanangkan sebagai bulan bebas kanker serviks dan payudara. Diharapkan para wanita Indonesia untuk lebih peduli dengan melakukan upaya mendeteksi dini kanker serviks dan payudara melalui test IVA. Dan kegiatan tersebut digelar di Graha Timah pada hari Kamis (12/10/2017). Aksi peduli kanker serviks dan payudara ini turut dihadiri oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian ESDM Ratnawati Setiadi Jonan, dan Ketua Istri Karyawan Timah (IKT) Elis Ihza Fahlevi.

Ketua IKT Elis Ihza Fahlevi menyampaikan bahwa wanita penderita kanker serviks dan kanker payudara di Indonesia memiliki kasus tertinggi di Asia Tenggara. Untuk itu pihak Rumah Sakit Bakti Timah dan Dinas Kesehatan mengadakan test IVA gratis kepada istri para karyawan timah, karyawati PT Timah, para pegawai Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Pangkalpinang, dan guru-guru TK dibawah naungan IKT.

Dalam kesempatan yang sama Penasehat DWP Kementerian ESDM Ratnawati Setiadi Jonan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan peduli kanker terhadap wanita.

Ratnawati pun menyampaikan karena cukup tingginya penderita kanker serviks dan payudara yang membuat Ibu Negara sangat peduli dengan kesehatan para wanita Indonesia sehingga bulan Oktober dicanangkan bulan bebas kanker serviks dan payudara.

"Berdasarkan data, setiap satu jam satu orang Indonesia meninggal karena kanker dan hal tersebut bisa dicegah. Oleh karena itu atas inisiatif Ibu Iriana Widodo mulai tahun 2015 kita mengadakan gerakan test IVA,” ujar Ratnawati.

Test IVA merupakan test yang sangat sederhana, tidak memakan waktu lama dan hasilnya cukup akurat untuk dapat mendeteksi tanda-tanda gejala kanker tersebut serta test ini merupakan tindakan pertama dalam pencegahan. Apabila terindikasi tanda-tanda kanker serviks, agar bisa segera mendapat tindakan yang tepat.

“Test IVA ini hasilnya cukup akurat, jadi test ini bukan untuk mengobati. Bila nanti ditemukan ada indikasi, baru nanti dapat diobati,” jelas Ratnawati.

Menurut Ratnawati, perempuan adalah tiang sendi rumah tangga, untuk itu diharapkan kesehatan para perempuan dapat terjaga dengan baik. “Saya mohon kepada ibu-ibu yang hadir disini, agar dapat mengajak teman-temannya yang tidak dapat hadir bersama kita hari ini untuk melaksanakan test IVA. Jika sudah menjadi anggota BPJS tes IVA sudah gratis, dan manfaat dari test tersebut sangat besar sekali,” imbuh Ratnawati.

“Saya berharap para wanita yang melakukan test IVA hasilnya negatif. Namun apabila hasilnya menunjukkan suatu indikasi yang kurang baik, selanjutnya bisa langsung dirujuk ke Rumah Sakit,” tutup Ratnawati.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo