Ratusan Relawan TIK Mengikuti Festival TIK 2018 di Cirebon

Cirebon - Sebanyak lebih dari 500 relawan TIK yang dibina oleh Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo 2018 berkumpul mengikuti festival TIK yang diselenggarakan di Graha Pena Radar Cirebon Jawa Barat dari tanggal 30 November hingga 2 Desember 2018.

Festival dibuka secara resmi oleh  Walikota Cirebon DR. H. Dedi Taufik, M.Si dan dihadiri Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkar serta pemerhati TIK.

Kegiatan festival yang berlangsung selama 4 hari tersebut diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya kegiatan seminar dan workshop.

Diungkapkan Fajar Eri selaku ketua relawan TIK dalam wawancaranya dengan tim babelprov.go.id mengungkapkan bahwa penyelenggaraan festival TIK  dilakukan melalui kolaborasi antara relawan TIK yang didukung oleh Kemenkominfo dan Pemerintah Daerah.

“ Festival TIK yang berlangsung ini merupakan festival TIK yang ke-7 yang telah diselenggarakan  oleh relawan TIK yang dalam penyelenggaraannya didukung dan merupakan kolaborasi antara Kementerian Kominfo, pemda serta mitra”, ungkap Fajar Eri.

Ditambahkan Fajar Eri festival TIK ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada para relawan TIK khususnya terkait perkembangan peran para relawan TIK dalam membantu program-program pemerintah perihal literasi bidang TIK di daerah.

“ Harapan saya kepada teman relawan TIK di daerah bisa bersinergi untuk membantu program - program pemerintah terkait TIK bisa di sinergikan dan dilibatkan para relawan TIK”, ungkap Fajar Eri

Ditambahkan Fajar Eri bahwa kegiatan festival  TIK dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan sebagai forum komunikasi seluruh relawan se-Indonesia untuk saling berbagi informasi.

Ditambahkan Fajar Eri melihat mengenai agenda pelaksanaan penyelenggaraan Festival TIK tahun 2019 dimana Provinsi Bangka Belitung diwacanakan menjadi satu provinsi yang diusulkan sebagai penyelenggara festival TIK selain dua provinsi lainnya.

Sementara itu Akbar Riadi relawan TIK asal Bangka Belitung yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kondisi Relawan TIK di Bangka Belitung saat ini berjumlah 90 orang yang tersebar di sejumlah wilayah.

Diungkapkan Akbar saat ini relawan TIK Babel memfokuskan program kegiatannya mencakup membantu akselerasi program UMKM digital yang diinisiasi oleh pemerintah, pemanfaatan  TIK untuk promosi pariwisata daerah, literasi internet sehat bagi pelajar dan masyarakat desa.

“Saat ini kami membina kurang lebih 450 UMKM melalui kegiatan workshop mengenai sistem penjualan secara online seperti penjualan online melalui bukalapak dimana masing-masing UMKM mengirimkan informasi mengenai produk yang ditawarkan hingga mempromosikannya secara online”, ungkap Akbar

Sementara itu terkait dengan wacana diusulkannya Babel sebagai satu kandidat tuan rumah dalam pelaksanaan festival TIK untuk tahun 2019, Kepala Bidang E-Goverment Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kep. Babel, Bondan Sasongko yang mendampingi relawan TIK Babel mengungkapkan mendukung dan menyambut baik atas wacana usulan rencana pelaksanaan festival TIK di Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Fitra