Rekomendasi DPRD Atas LKPJ Gubernur

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi didampingi Sekretaris Daerah Yan Megawandi dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari ini Kamis (13/4/2017), menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan agenda mendengarkan rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Tahun 2016 dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan Gubernur Periode 2012-2017, yang telah disampaikan pada tanggal 16 Maret 2017 lalu.

Rapat dipimpin langsung oleh ketua DPRD Bangka Belitung Didit Srigusjaya dan dihadiri oleh seluruh anggota dewan serta pimpinan lembaga struktural. Dalam sambutannya, Didit menyampaikan bahwa rekomendasi yang disampaikan merupakan hasil evaluasi yang dilakukan oleh seluruh komisi yang ada di dewan serta implementasi tugas dan wewenang DPRD sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja Pemerintah Daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang LPPD Kepada Pemerintah, LKPJ Kepala Daerah Kepada DPRD dan Informasi LPPD Kepada Masyarakat.

Adapun beberapa rekomendasi DPRD atas LKPJ Gubernur antara lain :

  1. Peningkatan metode dan inovasi terhadap pelayanan terpadu kepada masyarakat di luar kantor.
  2. Perencanaan kegiatan dan keuangan setiap perangkat daerah dapat diperhitungkan dan direncanakan dengan matang, agar tidak ada lagi kegiatan yang tidak terlaksana atau terlalu berlebihan dalam penganggaran yang menyebabkan SILPA yang besar.
  3. Peningkatan PAD bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui terobosan dan inovasi teknologi dan integritas pemungut sektor pajak dan retribusi.
  4. Sistem pengadaan penyedian jasa pekerjaan yang transparan dan akuntabel sehingga dapat meminimalisir gagal lelang.
  5. Perlunya penguatan kemitraan dengan lintas sektor yang terlibat langsung baik dalam pengendalian maupun penegakan hukum lingkungan hidup
  6. Harus dilakukan sosialisasi yang terpadu dan berkesinambungan kepada masyarakat pengguna dan stakeholder penyedia angkutan darat, laut dan udara dengan sinergitas program dengan instansi pemerintah dan swasta lainnya baik dengan penegak hukum dan perizinan angkutan.
  7. Program –program prioritas pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus lebih difokuskan pada sektor-sektor yang berkontribusi positif bagi peningkatan daya saing daerah.
  8. Rekomendasi dibidang perhubungan, antara lain terkait dukungan pengembangan Bandara Depati Amir dan Hanandjoedin sebagai pintu utama kunjungan wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  9. Rekomendasi dibidang kesehatan yaitu agar upaya peningkatan mutu kesehatan, dan program-program kesehatan lebih memprioritaskan masyarakat kurang mampu.
  10. Pelaksanaan program kegiatan E-hibahsos untuk terus dijalankan. Kegiatan ini akan menjawab aspirasi masyarakat akan dana hibah yang mereka ajukan, ikut sertanya masyarakat dalam pengawasan penyaluran dana hibah, dan komitmen pemerintah daerah dalam menjalankan transparansi roda pemerintahan yang akuntabel.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi menyampaikan apresiasinya atas rekomendasi DPRD terhadap kinerja Pemerintah Daerah. Rustam berpandangan bahwa rekomendasi tersebut menjadi catatan penting bagi Pemerintah Daerah guna menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan
percepatan pembangunan daerah dengan mengedepankan sinkronisasi anggaran dan sinergitas Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Yang paling penting bagaimana menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi yang baik, karna kalo pertumbuhan ekonomi bagus, tentu kemampuan daya beli masyarakat pun menjadi bagus serta mendukung perepatan pembangunan di daerah", tegas Rustam.

Sebagai penutup, Gubernur juga menghimbau kepada seluruh perangkat daerah di bawah jajarannya khususnya bagi Badan Penanggulangan Bencana untuk responsif menanggulangi bencana alam, mengingat kondisi cuaca khususnya curah hujan di Bangka Belitung yang cukup tinggi sehingga ini menjadi catatan khusus bagi Badan Penanggulangan Bencana untuk siap siaga menangani banjir dengan menyiapkan kolong-kolong retensi.(stevani/k5)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani/Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Huzari