Rembug KTNA Nasional dan KTNA Expo di Babel, Gubernur: Saya Bangga

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Rembug Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional ke-47 dan KTNA Expo IV tahun 2018 di Kota Pangkalpinang  Menurut gubernur, dirinya merasa bangga atas ditunjuknya provinsi ini sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Saya bangga,” kata gubernur saat memberikan sambutan selamat datang pada acara pembukaan di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Jumat (21/9).

Gubernur mengatakan bahwa kegiatan Rembug Nasional KTNA ke-47 dan KTNA Expo IV tahun 2018 merupakan ajang dan wadah yang baik untuk saling bertukar pendapat. Karena itu ia berharap kehadiran para peserta pada acara tersebut dapat membantu memberi solusi bagi permasalahan petani dan nelayan di tingkat lapang.

“Bersama-sama berembug sekaligus bertukar pikiran, memberi bantuan solusi bagi kita sesama petani dan nelayan. Insya Allah apa yang dirembug di Bangka Belitung ini, Bumi Serumpun Sebalai, Bumi Rumpun Melayu yang Insya Allah hasil rembugkan di Bangka Belitung ini berkah dan Allah ridho. Para petani dan nelayan maju terus,” kata gubernur. 

Hal serupa dikatakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian Momon Rusmono. Momon yang hadir mewakili Menteri Pertanian Amran Sulaiman berharap peserta Rembug KTNA Nasional di Pangkalpinang dapat menghasilkan rekomendasi bagi pembangunan pertanian ke depan.

“Saya berharap para peserta dapat menyumbangkan ide kreatif dan inovatif serta memberikan rekomendasi. Adanya KTNA karena ada kelompok tani. Tanpa kelompok tani tidak ada KTNA. Jadi wajib hukumnya terus menerus kita tumbuh kembangkan kelembagaan petani serta perkuat jejaring kerjasamanya baik di level daerah, nasional maupun internasioal agar dapat mempercepat pembangunan pertanian Indonesia dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraaan,” kata Momon.

Pembukaan Rembug KTNA Nasional ke-47 dan KTNA Expo IV di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang ditandai dengan pemukulan bedug oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian Momon Rusmono dan pengguntingan pita oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah. Turut hadir anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Kepulauan Bangka Belitung Bahar Buasan, Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Oom Sutisna, Ketua Umum KTNA Winarno Tohir, sejumlah bupati dan walikota dari berbagai daerah di Indonesia serta Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Sumber: 
Dinas Pertanian
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar