Roadshow Seleksi Penerimaan Calon Taruna/i (SIPENCATAR) Kemenhub RI Di Bangka Belitung

Pangkalpinang – Badan Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mengadakan roadshow seleksi Penerimaan Calon Taruna/i (PENCATAR) Tahun Akademik 2017/2018 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai program studi yang dirasa masih belum diketahui secara luas di masyarakat Bangka Belitung, sehingga masih sedikit peserta dari Bangka Belitung yang mencoba kuliah di Sekolah Perhubungan. Dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan dan menumbuhkan minat untuk bersekolah di Sekolah Perhubungan.

Kegiatan yang di gagas oleh BPSDM Kementerian Perhubungan RI tersebut berlangsung di Ruang Rapat Pantai Pasir Padi Kantor Gubernur pada hari Jumat (31/03/2017). Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Sekolah Tinggi Transportasi Darat, dan para siswa/i SMA dan SMK undangan yang tampak antusias jalannya acara.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Babel Ir. Sarjulianto yang mewakili Sekda mengungkapkan bahwa SDM yang berkompeten di Babel ini masih terbatas, karena itu sejak tahun 2014 Pemprov Babel telah berupaya bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat untuk merekrut SDM perhubungan melalui program pembibitan.

“Taruna/i yang mengikuti program pendidikan dengan pola pembibitan dibiayai sepenuhnya oleh Pemprov Babel melalui dana APBD yang dikelola oleh Dinas Perhubungan. Dan setelah pendidikan, nantinya diharapkan para taruna/i dapat menjadi CPNS yang akan ditempatkan diseluruh Provinsi Bangka Belitung, baik itu di Dinas Perhubungan Provinsi, maupun di Kabupaten/Kota,” terang Sarjulianto.

Mengingat perkembangan transportasi di Babel ini masih signifikan, Sarjulianto mengatakan bahwa MoU dengan STTD ini akan diperpanjang hingga tahun anggaran 2021. Kedepannya Ia berharap dapat menjajaki kerjasama yang lebih luas, dan tidak terbatas pada bidang transportasi darat saja, sehingga SDM di bidang perhubungan dapat ditingkatkan dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Adapun sebagai upaya dukungan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Babel yaitu dengan membuka loket pendaftaran sejak tanggal 9 Maret 2017 yang telah dilengkapi dengan komputer, scanner, dan jaringan internet untuk membantu siswa/i dalam proses pendaftaran. Selain itu Dinas Perhubungan Babel juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten dan Kota, khususnya di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur untuk melayani pendaftaran di Pemprov Babel.

Pada kesempatan tersebut, Sarjulianto pun mengimbau para kepala sekolah di SMA maupun SMK untuk memberikan informasi dan motivasi kepada siswa/i nya tentang seleksi calon penerimaan taruna/i yang dilaksanakan.

“Untuk calon taruna/i agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya, agar kuota dari Bangka Belitung dapat terpenuhi dari seleksi-seleksi yang diadakan,” imbaunya.

Kabar baiknya bagi calon taruna/i yang tidak mampu dalam hal pembiayaan kuliah, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) memiliki program untuk pembiayaan penuh para calon taruna/i dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti lulus tes Potensi Akademik yang didukung dengan surat keterangan tidak mampu dari RT, RW, dan Lurah. Sarjulianto pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya program tersebut.

Untuk tata cara pendaftaran dapat dilakukan secara online mulai tanggal 3 April s.d 19 Mei 2017 melalui Portal Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) yaitu http://sipencatar.dephub.go.id dan portal BPSDM Perhubungan RI di http://bpsdm.dephub.go.id. (K5)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo Tabarani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Suci Lestari