RSJD Babel Tuan Rumah Porkesremen

PANGKALPINANG -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019 menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Kesenian Rehabilitasi Mental (Porkesremen) dan Jambore Kesehatan Jiwa (Keswa) ke VII. Acara berlangsung pada tanggal 2-5  Oktober 2019.Merupakan kebanggaan tersendiri RSJD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat  menyelenggarakan event nasional. Acara pembukaan pada kamis, 3/10/2019 yang berlangsung di Bina Satria Sungailiat.

35 peserta dari Setiap Provinsi seluruh Indonesia yang hadir melakukan devile menampilkan seni budaya daerah mengelilingi lapangan sambil menunjukan atraksi kebudayaan masing-masing daerah disaksikan ratusan tamu yang hadir dalam acara tersebut.

Atlet rehabilitan akan berkompetisi dalam cabang olahraga yang akan dipertandingan dalam kegiatan nantinya, seperti Bulutangkis, catur, tenis meja, voli, dan futsal. Sementara untuk cabang seni yakni adzan, khutbah, tilawah, menari dan menyanyi.

Ketua Asosiasi Rumah Sakit Jiwa Indonesia dr Bambang Eko Sunaryanto, mengatakan sebanyak 35 Rumah Sakit Jiwa se Indonesia hadir, baik rumah sakit Pemerintahan dan swasta.
Sementara untuk peserta rehabilitan yang ikut sebanyak 550 orang, selain acara Porkesremen, tadi malam juga kita melaksanakan rapat kerja Nasional bersama perwakilan Menteri Kesehatan Dirjen P2P," jelas Bambang.

ia mengucapkan terimakasih terhadap semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Porkesremen. Tanpa bantuan Gubernur dan seluruh pejabat yang terkait di jajaran Provinsi Bangka Belitung dan pejabat maka jambore tidak dapat terlaksana dengan meriah. Untuk itu kami segenap anggota asosiasi rumah sakit jiwa dan ketergantungan obat Indonesia mengaturkan terima kasihnya," ungkapnya.

Ia menambahkan dalam acara jambore ke tujuh merupakan rangkaian dari peringatan kesehatan jiwa sedunia, tepatnya 10 Oktober 2019.
kami menitipkan segenap untuk juga memperingati kesehatan jiwa sedunia, bekerja bersama untuk menghindari kasus bunuh diri, karena masalah ini menjadi trending topik di media masa," lanjutnya
Selesai acara pembukaan Porkesremen Gubernur dan Perwakilan Mentri Kesehatan  Dirjen P2P langsung menuju Pameran di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna pemotongan pita membuka pameran yang diikuti oleh peserta Porkesremen seluruh Indonesia

Sumber: 
RSJD Babel
Penulis: 
Ade