RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Satu-satunya Rumah Sakit Pelayanan Kateterisasi Jantung di Babel

BANGKA – Masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung patut berbangga. Pasalnya,  saat ini di Babel sudah tersedia pelayanan Kateterisasi Jantung di RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan satu-satunya rumah sakit yang menyediakan pelayanan keteterisasi jantung di Babel.

Program Kateterisasi Jantung ini merupakan program yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Hal ini dikatakan langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Haryoso saat launching Pelayanan Kateterisasi Jantung RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Provinsi Bangka Belitung di Ruang Pelayanan Kateterisasi Jantung RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Provinsi Bangka Belitung di kawasan Lintas Timur Desa Air Anyir Kabupaten Bangka, Rabu (9/5/2018).

Haryoso mengatakan program ini sudah dimulai sejak tahun 2016. Segala persiapan yang dibutuhkan, seperti alat-alat kesehatan dan pelatihan sumber daya manusia telah dilakukan. Hingga saat ini keberhasilan program ini, dikatakan Haryoso tidak luput dari bantuan dan dukungan pemerintah provinsi dan instansi terkait.

“Dengan dijadikannya RSUD Dr. (HC)  Ir.  Soekarno sebagai satu-satunya rumah sakit yang menyediakan pelayanan keteterisasi jantung di Babel, masyarakat Babel tidak perlu susah-susah ke luar Babel untuk mengobati sakit jantung,” tutur Haryoso.

Seperti yang diketahui, penyakit jantung di Indonesia atau bahkan di dunia merupakan penyakit pembunuh nomor satu. Dan angka kematian tertinggi adalah yang disebabkan oleh penyakit jantung. Oleh sebab itu, melalui program pelayanan kateterisasi jantung ini, Haryoso berharap dapat menekan jumlah angka kematian terutama di Provinsi Bangka Belitung.

“Jantung adalah pembunuh nomor satu. Dan angka kematian tertinggi adalah yang disebabkan oleh penyakit jantung. Oleh sebab itu, saya berharap melalui program ini dapat menekan jumlah angka kematian terutama di Babel, “ kata Haryoso.

Lebih jauh Haryoso menjelaskan, kegiatan ini juga bekerjasama dengan RS Harapan Kita Jakarta dalam meningkatkan kualitas tenaga medis untuk Dokter Spesialis Jantung dan perawat dalam memberikan pendidikan dan pelatihan sumber daya yang berkualitas.

Haryoso  berharap dengan adanya program ini kedepan dapat menjadi motivasi dalam pengembangan pelayanan rumah sakit kepada masyarakat Babel. Selain itu ia juga berharap agar RSUD Dr. (HC) Ir Soekarno ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar khususnya dalam pelayanan kateterisasi jantung di Babel.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari/Irwanto/Mirwan
Editor: 
Irwanto