RSUD Provinsi Selenggarakan Penyuluhan dan Layanan Kesehatan Pemeriksaan PAP Smear Gratis

Air Anyir, Bangka – Untuk membantu kaum perempuan mengenali kanker leher rahim / kanker serviks serta dan bagaimana cara pencegahan dan penangangannya, RSUD Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dan layanan pemeriksaan kesehatan PAP Smear Gratis dalam rangka Hari kesehatan pada hari Rabu (08/11/2017), bertempat di RSUD Soekarno, Air Anyir Merawang, Kabupaten Bangka.  bagi ibu-ibu yang berada di wilayah Air Anyir dan Baturusa Kabupaten Bangka.

Layanan kesehatan tersebut diperuntukkan bagi ibu-ibu yang berada di wilayah Air Itam dan Baturusa Kabupaten Bangka. Penyuluhan kesehatan dilakukan oleh tim dokter tim medis patologi anatomi RSUD Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menyampaikan memateri penyuluhan mengenali faktor resiko potensi terinveksi virus HVP, penyebab kanker leher rahim atau kanker serviks dan cara penanganan sedini mungkin.  

“Salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami perempuan selain kanker payudara adalah kanker serviks, dan pasien – pasien yang datang ke rumah sakit sudah pada kondisi stadium – stadium akhir, sehingga sel tumor tersebut telah menyebar ke sel-sel tubuh lainnya. Dalam penyuluhan ini kami memberikan informasi bagi ibu-ibu untuk mengenali faktor – faktor resiko yang berpotensi bisa menyebabkan kanker serviks,” ungkap Dr Fripamaya, Sp.SP

Menurut Dr Fripamaya, Sp.SP kaum perempuan yang terkena kanker serviks harus dirujuk ke Rumah Sakit yang memiliki layanan kemoterapi karena RSUD Soekarno belum dapat memberikan layanan kemoterapi serta membutuhkan biaya pengobatan yang cukup tinggi. Maka lebih baik mencegah sedini mungkin kanker serviks.

Dalam penyuluhan kesehatan tersebut diberikan beberapa sebab terjadinya kanker servis, antara lain hubungan seksual pada usia terlampau muda, perubahan hormonal, kondisi genitalia, merokok dan kekurangan karoten atau defisiensi asam folat.  Dr. Fripamaya mengungkapkan bahwa ada 4 (empat) strategi pencegahan dari kanker leher rahim meliputi pencegahan primer, deteksi dini, pengobatan dan pengurangan nyeri. Dan deteksi dini melalui pemeriksaan PAP Smear merupakan salah satu penanganan medis untuk yang disarankan untuk dilakukan secara berkala.

“Sebagai langkah preventif diharapkan untuk memeriksa kondisi rahim melalui pemeriksaan PAP Smear," yngkap Dr. Fripamaya, Sp.PA

Berdasarkan data American Society of Cancer , pemeriksaan Papaniculou (test Pap’s) di negara-negara maju dianggap sebagai pemeriksaan kesehatan pada umumnya. Selain bermanfaat untuk deteksi dini,test Papaniculou (test Pap’s) merupakan pemeriksaan skrining yang memiliki akurasi melebihi 90 persen untuk mendeteksi indikasi virus kanker leher rahim.

Antusiasme disampaikan oleh ibu-ibu selaku peserta dari kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut. Hal tersebut diungkapkan Ibu Kartini dari perwakilan PKK Baturusa yang mengungkapkan apresiasinya terkait informasi tentang menjaga kesehatan dan penanganan kanker leher rahim.

“Informasi ini khususnya bagi wanita, jadi bisa sedini mungkin menjaga kondisi kesehatan tubuh kita. Dari penyuluhan ini kita mengetahui bagaimana penanganannya dan,” jelas Kartini.

Hal yang sama juga disampaikan Ibu Rahma selaku Kades Baturusa serta Kader PKK dan Posyandu yang sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan kesehatan bagi kaum wanita dan berharap agar kegiatan penyuluhan kesehatan ini bisa dilaksanakan di desa-desa. “Kalau bisa kegiatan ini bisa diikuti lebih banyak kaum wanita karena informasi tentang kesehatan ini belum tentu diketahui dan dipahami oleh ibu-ibu lainnya. Jadi sangat bagus sekali apabila dilaksanakan penyuluhan ke desa-desa,” jelas Kartini. 

Selain kegiatan penyuluhan kesehatan, juga dilakukan kegiatan pemeriksaan PAP Smear gratis bagi ibu-ibu peserta yang hadir.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani