Rudiantara Dorong Pemerintah Optimalkan Penggunaan Teknologi Digital Dalam Penyampaian Informasi

Tangerang  - Dalam rangka meningkatkan kompetensi humas pemerintah dengan memperkuat jaringan kemitraan  dan menjawab perkembangan tantangan di era digital 4.0, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik mengundang berbagai instansi pemerintahan se-Indonesia dalam kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) di Hotel Novotel, Kota Tangerang (03/12).

Rudiantara Selaku Menteri Komunikasi dan Informatika dalam kesempatan tersebut menyampaikan  melalui video conference bahwa perkembangan digital di dunia telah berkembang sangat cepat.

Untuk itu, Rudiantara mendorong pemerintah untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam menginformasikan kebijakan publik dan program-program pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun BUMN demi efektifitas.

Meskipun begitu, masih ada beberapa hal penyampaian informasi yang tetap menggunakan cara-cara konvensional untuk dapat berkomunikasi dengan publik. Hal ini dikarenakan pembangunan dan akses saluran komunikasi yang belum masih merata.

Untuk itu, agar penyampaian informasi berjalan dengan efektif, masih perlu dikombinasikan antara teknologi dan cara konvensional. Kemudian dalam penggunaan teknologi digital, Ia memotivasi para aparatur negara agar selalu meningkatkan kapasitas diri.

“Kita perlu mengembangkan kapasitas kita, kita butuh mengembangkan kemampuan kita untuk memanfaatkan digital meskipun  tetap dikombinasikan dengan cara-cara konvensional,” ujar Rudiantara.

Pada kesempatan yang sama Kepala Staf Presiden RI Jenderal TNI Moeldoko pun menyampaikan, bahwa dengan penggunaan teknologi digital dalam hal ini adalah media sosial.

“Pada saat jembatan di Jawa Tengah ambruk, belum ada wartawan yang memberitakan tetapi sudah ramai di media sosial,” terang Moeldoko

Hal ini membuktikan bahwa media sosial memiliki peran yang sangat besar, dimana semua orang dapat menjadi kontributor informasi. Apabila para pengguna media sosial ini tidak bijak dalam menggunakannya, maka dapat memiliki dampak yang tidak baik. Ia pun mengimbau kepada para pengguna media sosial agar dapat lebih bijak dalam memilih dan memilah informasi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalmo
Fotografer: 
Khalimo