Rustam: Bantuan Beras RASTRA Harus Betul-Betul Sampai Kepada Penerima!

BELITUNG - Rustam Effendi Gubernur Provinsi Bangka Belitung menegaskan agar program Bantuan Beras Sejahtera Bagi Keluarga Berpendapatan Rendah (RASTRA) harus betul-betul sampai kepada penerima. Ia menambahkan program ini adalah satu-satunya program yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia secara gratis dalam rangka meringankan beban masyarakat. Oleh karena itu, Rustam berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik.

" Program RASTRA ini harus betul-betul sampai kepada penerima. Ini adalah satu-satunya program gratis dari pemerintah, manfaatkan bantuan ini dengan baik, " tegasnya saat Launching Bantuan Beras Sejahtera Bagi Keluarga Berpendapatan Rendah (RASTRA) di Kantor Desa Membalong Kabupaten Belitung, Rabu (22/03/2017).

Lebih jauh ia mengatakan melalui program RASTRA ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah serta mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran terutama dalam pemenuhan hak dasar akan kebutuhan pokok.

Selain untuk meningkatkan kualitas masyarakat tidak mampu, menurut Rustam melalui program ini pemerintah juga bertekad mewujudkan ketahanan pangan keluarga dengan cara memenuhi layanan dasar dan perlindungan sosial kepada rakyat.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan saat ini pemerintah Kabupaten Belitung memfokuskan program pembangunan daerah dan pariwisata, serta peningkatan perekonomian kerakyatan melalui ketahanan pangan yang bekerja sama dengan TNI. Melalui program RASTRA ini ia berharap nantinya pemerintah dapat melibatkan masyarakat sekitar dengan cara membeli beras secara langsung ke petani sehingga roda perekonomian di Bangka Belitung dapat bergerak.

Selain itu, menurutnya pemerintah Kabupaten Belitung juga sedang mempromosikan beras merah yang kaya akan serat. Sehingga dipercaya oleh masyarakat bahwa beras merah mampu membuat efek kenyang lebih lama.

" Saat ini Kabupaten Belitung sedang mempromosikan beras merah yang kaya akan serat, sehingga dipercaya oleh masyarakat bahwa beras merah mampu membuat efek kenyang lebih lama, " ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bangka Belitung Sunardi mengatakan, Program RASTRA 2017 ini merupakan program lanjutan yang dilaksanakan melalui APBD Provinsi dimulai sejak Tahun 2009 hingga sekarang. Jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) sebanyak 43.019 RTS.

Sunardi menjelaskan tujuan dari program ini adalah mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras, dengan sasaran agar berkurangnya beban pengeluaran keluarga penerima manfaat dalam mencukupi kebutuhan pangan beras melalui penyaluran beras bersubsidi dengan alokasi sebanyak 15 Kg/KPM/Bulan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari/Evani
Fotografer: 
Evani