Sabtu, Tes Tertulis Rekrutmen KID

Pangkalpinang - Sebanyak 22 pelamar Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkesempatan mengikuti tes potensi akademik. Sejumlah peserta tersebut dianggap tim seleksi sudah memenuhi persyaratan. Rencananya tes digelar, Sabtu (14/9) di ruang pertemuan Hotel Bangka City, Kelurahan Airitam, Pangkalpinang.

Terdapat beberapa kebutuhan yang harus dibawa peserta untuk mengikuti tes tertulis di antaranya, peralatan tulis dan foto 3x4 untuk ditempel di kartu peserta. Jika lulus tes potensi akademik, kartu peserta tersebut akan digunakan untuk mengikuti tes selanjutnya. Tak hanya itu, peserta juga sudah harus menyerahkan makalah saat registrasi tes tertulis.

Rendy Anggota Tim Seleksi Anggota KID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, tim seleksi sudah menyiapkan sebanyak seratus soal untuk diisi pelamar anggota KID. Adapun bentuk soalnya, multiple choice (pilihan ganda), dan peserta mengisi jawaban di lembar yang sudah disediakan panitia.

Terdapat beberapa materi diujikan dalam tes potensi akademik tersebut, seperti pemahaman mengenai Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Undang-Undang No 40 tahun 1999 tentang Kebebasan Pers dan beberapa peraturan perundangan-undangan serta pengetahuan umum lainnya.

"Peserta diberi waktu selama dua jam untuk mengisi soal yang disediakan panitia, yakni dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB," jelasnya saat rapat penggandaan soal di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (12/9/2013).

Saat menyimpulkan hasil rapat, Marwan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, soal sudah siap digandakan. Bagi peserta yang akan mengikuti tes tertulis, diharapkan datang pukul 08.00 WIB untuk melakukan registrasi terlebih dahulu di Hotel Bangka City. Sedangkan panitia pembantu tim seleksi sudah harus ada di hotel sekitar pukul 07.30 WIB.

Usai pelaksanaan ujian, tim seleksi langsung mengoreksi jawaban peserta. Diperkirakan pada hari itu juga proses koreksi selesai. "Namun mengenai pengumuman hasil seleksi, dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia. Sebagaimana jadwal panitia, pengumuman hasil tes potensi akademik yakni tanggal 18 September nanti," jelasnya.

Lebih jaun Marwan menjelaskan mengenai kesiapan tempat pelaksanaan tes. Diupayakan tempat tersebut kondusif bagi peserta menjawab soal yang diberikan panitia. Agar pelaksanaan tes ini berjalan lancar, jika memungkinkan panitia berupayakan menghubungi peserta. Hal ini dilakukan sebagai langkah mengingatkan peserta mengenai jadwal pelaksanaan tes tersebut.

"Peserta sebanyak 22 orang itu akan dikonfirmasi. Mengenai tanda peserta dan perlengkapan lain sudah disiapkan panitia," ungkapnya.(hzr/adit/a

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Adit Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari