Samsat Corner Mempermudah Wajib Pajak

Pangkalpinang – Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus membuat terobosan. Untuk mempermudah wajib pajak melakukan pembayaran, DPPKAD membuat Samsat Corner di BTC Pangkalpinang. Wajib pajak dapat merasakan langsung prosedur dan mekanisme pelayanan pengurusan pajak surat kendaraan bermotor.

Cukup datang membawa persyaratan, petugas di Samsat Corner BTC akan memberikan pelayanan. Setelah mengisi dan mengembalikan formulir, kemudian masyarakat dapat mengetahui secara langsung jumlah pajak yang harus dibayar. Tak harus menunggu lama, selanjutnya wajib pajak dapat menerima  perpanjangan STNK.

Eddy Laksmana Sekretaris DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap, dengan adanya layanan unggulan Samsat Corner ini dapat meningkatkan jumlah penerimaan pajak kendaraan bermotor. Sehingga berdampak terhadap meningkatnya PAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setelah Samsat Corner di BTC Pangkalpinang, selanjutnya akan mencari inovasi baru untuk memberikan pelayanan.

“Ke depan kita mewacanakan agar ada Samsat Corner di tempat strategis lainnya. Selain mempermudah masyarakat, pelayanan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak,” kata Eddy, Selasa (17/5/2016).

Pelayanan Samsat Corner BTC berlangsung mulai Senin hingga Sabtu. Namun jam pelayanan setiap harinya berbeda, untuk Senin sampai Kamis pelayanan dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 13.30 WIB. Sedangkan Jumat dan Sabtu, jam buka pelayanan sama dengan hari-hari biasa. Hanya terdapat perbedaan jam tutup pelayanan yaitu Jumat pukul 11.30 WIB sementara Sabtu pukul 12.30 WIB

Sejak tanggal 16 Mei 2016, masyarakat sudah dapat menggunakan jasa Samsat Corner. Hanya Minggu dan libur nasional tidak beroperasi. Jika masyarakat ingin mendapatkan pelayanan bisa datang langsung ke pusat perbelanjaan Bangka Trade Centre (BTC) Lantai II. Namun pembayaran pajak kendaraan hanya untuk yang tercatat di Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka Barat.

Samsat Corner merupakan layanan unggulan terbaru DPPKAD bekerja sama dengan pihak Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung dan Jasa Raharja. Samsat Corner diharapkan dapat mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Sebab pelayanan yang diberikan cepat, mudah dan praktis.

Muhammad Firmansyah petugas di Samsat Corner BTC mengatakan, pelayanan yang diberikan hanya perpajakan yakni, pajak kendaraan bermotor (PKB). Persyaratan yang harus dilengkapi wajib pajak di antara lain, identitas/tanda jati diri (KTP) asli pemohon atau pemilik sah kendaraan, STNK asli serta bukti pelunasan PKB dan SWKLLJ tervalidasi tahun terakhir.

“Selain perpanjangan pajak tahunan, Samsat Corner juga menerima keterlambatan pembayaran pajak atau denda pajak. Namun wajib pajak belum dapat mengurus perpanjangan surat tanda kendaraan bermotor (STNK) setiap lima tahun serta mutasi antar daerah dan luar daerah," jelasnya.

Sumber: 
DPPKAD Babel/www.babelprov.go.id
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra