Satpol PP Babel Evaluasi Kinerja Untuk Tingkatkan Kualitas PPNS

Pangkalpinang - Satuan Polisi PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan pertemuan untuk mengevaluasi kinerja akhir tahun Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin ( 11/12/2017 ).

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi memimpin raker yang diikuti oleh para penyidik PPNS dari Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam rapat kerja tersebut, Sekda menyampaikan bahwa dalam melakukan sebuah evaluasi kinerja supaya dapat membuat Daftar Inventaris Masalah (DIM) yang dapat dijadikan panduan mengetahui pokok permasalahan yang terjadi serta apa yang perlu dilakukan, sehingga pimpinan dapat menentukan langkah yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan.

Menurut Sekda, agar keberadaan PPNS dapat dipandang pleh masyarakat, menunjukkan kinerja nyata dalam melaksanakan tugas berdasarkan peraturan yang ada sehingga diperhitungkan oleh semua pihak

"Untuk menggapai kinerja yang lebih baik langka yang dapat dilakukan adalah mengajak untuk bersinergis untuk mempublikasi langkah atau kebijakan yang diambil. Intinya adalah membuat suatu gerakan," tegas Sekda.
 
Lebih lanjut, untuk memotivasi para PPNS dalam melaksanakan tugasnya, Sekda meminta untuk dapat menyiapkan database kegiatan, sehingga  informasi apapun dapat diketahui dengan jelas dan  para penyidik  yang telah melaksanakan tugas dengan baik dapat diberikan apresiasi.

Sementara itu, Kasat Pol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Harrie Patriadi menyampaikan bahwa PPNS jangan berdiri sendiri, harus ada koordinasi dengan Koordinator Pengawas agar tindakan yang dilakukan mendapat suatu arahan sebelum bertugas. Pasalnya apabila terjadi sesuatu hal yang bertentangan dapat dilakukan pengawasan serta pendampingan.

"Sikap kehati-hatian sangat diperlukan dalam melakukan suatu tindakan. Apapun yang dilakukan penyidik dalam melaksanakan tugas untuk dapat dituangkan dalam suatu berita acara, sehingga memiliki dasar hukum yang dapat dipertanggung jawabkan dan mengedepan koordinasi," jelas Harrie.

Kasat Pol PP juga mengatakan pada tahun 2018 penegakan peraturan akan mengedepankan penindakan bukan hanya sebatas pembinaan semata. Hal tersebut bertujuan untuk dapat memberikan efek jera terhadap pelanggaran.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin