Satpol-PP Babel Latih Satlinmas Agar Tangguh Hadapi Bencana

BANGKA - Satpol-PP Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelatihan penanggulangan bencana banjir bagi Satlinmas Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dibuka secara resmi oleh Kasatpol PP Babel Harrie Patriadie, yang berlangsung di gedung Dahlia Hotel Aksi Desa Kace Timur Bangka, Rabu (15/3/2017).

Harrie Patriadie yang mewakili Gubernur dalam sambutannya mengatakan Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan sehingga sewaktu-waktu pasang air laut yang tinggi dapat mengakibatkan bencana gelombang tinggi, banjir rob, dan abrasi pantai. Selain itu, sering dilanda cuaca ekstrem atau saat musim hujan tiba yang membuat bencana atau musibah banjir.

Hal ini terjadi karena tidak tertampungnya air hujan yang disebabkan daerah resapan air atau hutan tidak ada atau gundul karena adanya penebangan liar, pembukaan lahan perkebunan sembarangan dan oleh ulah penambangan TI ilegal yang beroperasi di daerah aliran sungai (DAS).

Untuk itu perlu adanya dukungan dan tindakan nyata dari semua unsur atau komponen serta warga masyarakat untuk menangani dan menanggulangi bencana tersebut, termasuk oleh para anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Gubernur menyampaikan diperlukannya pelatihan ini untuk membekali para anggota Satlinmas dalam penanggulangan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibatnya. Dan Ia berharap agar para anggota Satlinmas dapat meningkatkan kinerjanya, profesional dalam melaksanakan tugas sesuai peraturan hukum yang berlaku, meningkatkan kompetensi, kualitas diri dan pengetahuan serta selalu responsif terhadap potensi terjadinya bencana seperti banjir, angin kencang/puting beliung, kebakaran hutan dan bencana-bencana lainnya.

Pelatihan yang diikuti 50 peserta anggota Satlinmas dan Kasi Linmas Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini berlangsung selama 2 (dua) hari, Rabu hingga Kamis, 15-16 Maret 2017.

Sementara itu Ketua pelaksana kegiatan pelatihan Kabid Linmas Satpol-PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yurinalika mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk menjalin sinergitas, kerjasama dan koordinasi Satlinmas se provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam hal penanganan bencana terutama bencana banjir, kemudian untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas setiap anggota Satlinmas, dan agar peserta dapat mengetahui dan mengenali potensi segala bencana.

"Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan anggota satlinmas dalam mengevakuasi dan memberikan pertolongan korban banjir. Mencegah timbulnya korban jiwa dan berupaya mengurangi dan memperkecil akibat ataupun kerugian materi maupun non materi," katanya.

Ia menambahkan materi pelatihan yang diberikan yaitu kebijakan umum Mendagri dalam penyelenggaraan perlindungan masyarakat, peningkatan kualitas dan performa Satlinmas serta untuk memberikan pemahaman tugas pokok, fungsi dan kewajiban sebagai Satlinmas sesuai dengan Permendagri No.84 tahun 2014.

"Kami juga akan memberikan pelatihan bagaimana melakukan pertolongan pertama dan teknik evakuasi terhadap korban bencana banjir dan bencana lainnya," jelas Yurinalika.

Sementara narasumber yang memberikan materi pelatihan ini terdiri dari Subdit Linmas Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Kepala stasiun BMKG kota Pangkal Pinang dan Instruktur dari Basarnas kota Pangkal Pinang.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Heriyanto Kurniawan
Fotografer: 
Erwin
Editor: 
Noviansyah