Satpol PP Pemprov Babel Siap Kawal Pilkada

PANGKALPINANG- - Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat, dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap siaga mengawal rangkaian pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serentak Tahun 2018. Peningkatan kesiapsiagaan dalam menjaga Ketertiban Umum, Ketentraman dan Perlindungan masyarakat dilaksanakan berdasarkan Standar Operasional Prosedur Satuan Polisi Pamong Praja dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2011.

"Berbagai koordinasi, integrasi dan sinkronisasi bersama instansi terkait sudah dilakukan," ujar Yamowa'a Harefa, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/4).

Tidak hanya secara vertikal, koordinasi pun dilakukan secara horizontal bersama KPU, Bawaslu, TNI, POLRI, Badan Kesbangpol, dan Forkopimda. Mengoptimalkan peran aktif masyarakat melalui tokoh-tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka deteksi dini, mengantisipasi dan mengatasi potensi gangguan Ketertiban Umum, Ketentraman dan Perlindungan Masyarakat.

Selain itu, Satpol PP membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam penertiban alat-alat peraga kampanye (APK) yang menyalahi aturan.

Satuan Perlindungan Masyarakat sesuai tupoksinya dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS). Tak hanya melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dilakukan juga pengamanan di lingkungan wilayah pemungutan suara secara keseluruhan.

Sedangkan Tim Pemadam Kebakaran siaga menjaga obyek vital daerah dan masyarakat dari gangguan rawan kebakaran. "Satpol PP bersama seluruh jajarannya se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan terus memonitor setiap perkembangan situasi dan kondisi keamanan di masyarakat," pungkasnya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rusmini (Pramas Satpol PP)
Fotografer: 
Rusmini
Editor: 
Irwanto