Satu Calon Komisioner KID tak Ikut Tes Wawancara

PANGKALPINANG - Satu dari 22 calon komisioner tak mengikuti tes wawacara yang digelar panitia seleksi (pansel) Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hingga akhir pelaksanaan wawancara, peserta tersebut tidak memberi konfirmasi ke pansel di Hotel Bangka City, Selasa (24/9/2013).

Tes wawancara merupakan bagian penentu bagi calon komisioner untuk dapat mengikuti fit and propertest yang akan dilakukan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Calon komisioner yang tak mengikuti tes wawancara dianggap mengundurkan diri dari pencalonan KID Bangka Belitung.

Pantauan babelprov.go.id di lokasi, calon komisioner dipanggil satu per satu untuk masuk ke ruangan tes wawancara. Kegiatan tes tersebut dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 15.30 WIB.

Arka'a Wakil Ketua Panitia Seleksi KID Bangka Belitung mengatakan, untuk menentukan nama calon komisioner yang dapat mengikuti fit and propertest, panitia seleksi akan menggabungkan nilai psikotes dengan nilai tes wawancara. Akumulasi nilai-nilai tersebut akan dibagi dua, lalu diambil sepuluh calon komisioner yang mempunyai nilai tertinggi.

"Nilai diakumulasikan, lalu dibagi dua. Nanti akan muncul sepuluh nama komisioner dengan nilai tertinggi," kata Arka'a sebelum pelaksanaan tes wawancara, Selasa (24/9/2013).

Sebagaimana diketahui, sejak tanggal 18 September hingga 27 September panitia seleksi memberi ruang uji publik calon komisioner KID. Dalam rentang waktu tersebut, panitia menerima masukan maupun saran masyarakat terhadap nama-nama calon komisioner.

Uji publik dilaksanakan panitia, agar masyarakat dapat melakukan koreksi. Sehingga ke depan dapat menghasilkan anggota komisioner KID yang kompeten, kredibel dan dapat menjalankan tugas sesuai amanat Undang-Undang No 14 tahun 2013.

Lebih jauh Arka'a menjelaskan, calon komisioner yang berhak mengikuti fit and propertest akan mendapatkan SMS dari panitia. Pengumuman ini juga dapat dilihat di website www.babelprov.go.id atau di sekretariat pansel di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar, nanti panitia akan memanggil nama calon komisioner untuk tes wawancara. Tes ini akan kami lakukan secara transparan," jelasnya.(hzr/adit/an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari