Sebanyak 16 Peserta Ikuti Bimtek Pengelolaan Infoduk

Pangkalpinang- Sebanyak 16 Peserta mengikuti kegiatan Bimtek pengelolaan website informasi administrasi kependudukan di ruang pertemuan Bangka City Hotel, Air Itam Pangkalpinang, Rabu (04/09/2013).

Erman Arif, Kasi Konten Telematika Diskominfo Babel, sebagai narasumber mengatakan website merupakan media yang primadona baru untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas. Website adalah media publikasi yang wajib dimiliki oleh setiap instansi pemerintah, baik ditingkat pusat maupun daerah.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mengelola website antara lain yaitu membentuk struktur tim pengelola website, konten (isi) website, desain website, publikasi website dan yang terpenting adalah pemutakhiran isi situs website (update), jelasnya.

Lebih jauh lagi ia mengatakan kehadiran website saat ini sangat penting, apalagi saat ini dengan berlakunya UU No. 14 tentang KIP yang mewajibkan pemda untuk memiliki dan mengelola website dengan baik, dimana website pemda harus mampu menyediakan data-data secara update sesuai dengan ketentuan yang ada didalam UU KIP. Pengeloaan website infoduk ini merupakan suatu bentuk layanan dari pemerintah dalam memberikan informasi kependudukan kepada masyarakat.

Aldino Icharahmawan, selaku Panitia pelaksana kegiatan bimtek, mengatakan bimbingan teknis pengelolaan website dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualitas pegawai yang menangani sistem informasi administrasi kependudukan agar nantinya dapat menciptakan sebuah web/portal informasi kependudukan yang dapat diakses oleh masyarakat.

Website Infoduk merupakan sarana atau media informasi yang dikelola oleh dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab/Kota. Infoduk akan menyediakan informasi-informasi tentang kependudukan diwilayah masing-masing Kab/Kota.

Ditambahkan Aldino, para peserta kegiatan ini adalah tenaga operator dan administrator database informasi kependudukan pada Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota di Prov. Kep. Bangka Belitung.

"Untuk mengakses tentang masalah informasi admiistrasi kependudukan kini dapat diakses di website/link biro pemerintah di infoduk.babelprov.go.id  yang bekerjasama dengan diskominfo Provinsi Kep. Bangka Belitung", ungkapnya. (*an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Surianto