Sebanyak 50 Peserta Ikuti Workshop Tata Kelola Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Rencana Induk Teknologi Informasi

Pangkalpinang, Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari perwakilan dari SKPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta perwakilan dari Diskominfo dari kabupaten/kota, ikuti Workshop Tata Kelola Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Rencana Induk Teknologi Informasi yang diselenggarakan atas kerjasama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Gedung Kantor Gubernur Lantai III, Kamis (05/09/13).

Acara dimulai tepat pukul sembilan yang didahului dengan laporan penyelenggara oleh Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepuluaan Bangka Belitung, Sahring, S.Ag , dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan workshop secara resmi oleh Plt. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepuluaan Bangka Belitung, Drs. Latip Pribadi,M.Si.

Sasaran materi workshop meliputi Pemanfaatan teknologi Informasi dan Portal Telusur Inovasi (POTENSI) dan Tata Kelola Teknologi Informasi dan Pentingnya Rencana Induk Teknologi Informasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang disampaikan oleh Intan Permatasari dan Slamet Aji Pamungkas.

Dalam laporannya, Sahring menyampaikan bahwa workshop ini diselenggarakan selain merupakan salah satu wujud kerjasama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, juga bertujuan untuk memperkenalkan Pemanfaatan Teknologi(TI) kepada jajaran pemerintahan, kalangan Usaha Kecil Menengah serta Inovator di wilayah Bangka Belitung dalam meningkatkan inovasi layanan kepada masyarakat dan pembangunan Bangka Belitung khususnya tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan juga Rencana Induk Teknologi Informasi (RITI/ITMP), dan selain itu untuk memperkenalkan Portal Telusur Inovasi (POTENSI) kepada kalangan pemerintahan dan inovator di wilayah Bangka Belitung untuk mendapatkan masukan pengembang POTENSI. Dan terakhir adanya dialog tentang pemanfaatan teknologi informasi – khususnya aplikasi berbasis web (internet) – untuk mengembangkan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) dalam rangka mensukseskan Sistem Inovasi Nasional (SINAS).

Dalam sambutannya, Latip Pribadi menyampaikan bahwa Bangka Belitung mempunyai potensi yang sangat besar untuk meningkatkan daya saing  dan kesejahteraan masyarakatnya. Terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat dalam arti pelayanan yang cepat, tepat, adil dan akuntabel, merupakan harapan bagi setiap institusi/lembaga/organisasi pelayanan publik. Oleh itu, perlu melakukan penyempurnaan sistem pelayanan publik yang menyangkut perbaikan metoda dan prosedur pelayanan publik. Penerapan dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat membantu memfasilitasi terhadap harapan tersebut, sehingga beliau, atas nama Pemerintah Provinsi Kepualauan Bangka Belitung mendukung dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan workshop ini. (Melz,Krn)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda Ginting
Fotografer: 
Imelda Ginting
Editor: 
Imelda Ginting