Sekda Babel Anugrahkan Penghargaan Duta Bahasa 2017 Tingkat Provinsi

Pangkalanbaru - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi menghadiri sekaligus menyerahkan penganugerahan penghargaan kepada pemenang perlombaan Duta Bahasa 2017 tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penganugerahan tersebut bertempat di Aula Hotel Santika, Sabtu (13/05).

Atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi mengucapkan selamat kepada pemenang yang telah berhasil menjadi terbaik dalam perlombaan ini. Harapannya apa yang telah dicapai sekarang menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara serta jangan cepat berpuas diri atas apa yang telah diraih pada hari ini karena tantangan kedepan semakin tinggi.

"Jangan cepat berpuas diri dengan apa yang kita raih saat ini, karena tantangan yang akan kita hadapi kedepan semakin tinggi, syukuri apa yang kita dapati dengan terus meningkatkan kualitas dan kemampuan komunikasi bahasa yang telah diberikan Sang Kuasa kepada kita," pesan Sekda Babel dihadapan mahasiswa yang berhasil memenangkan perlombaan Duta Bahasa 2017 ini.

Sekda Babel juga menambahkan bahwa komunikasi sebagai jembatan menuju kesuksesan berinteraksi dengan dunia luar karena komunikasi pada saat sekarang merupakan salah satu faktor yang sangat dominan untuk mendukung persaingan dalam dunia globalisasi saat ini.

Selain itu, Sekda Babel mengatakan kemampuan berbahasa dapat mematangkan kearifan, dapat membedakan daerah Babel dengan daerah  lain, dan juga sebagai karakter khusus marwah provinsi serta menjaga kontribusi pada tingkat nasional. Menurut Sekda bahwa pemenang Duta Bahasa adalah maestro  bahasa, dan dapat bersinergi bersama maestro lainnya seperti maestro dambus maupun maestro daek. Kegiatan yang diikuti sebanyak 153 ( seratus lima puluh tiga ) mahasiwa se Provinsi Babel, bertemakan "Peningkatan Peran Duta Bahasa Dalam Usaha Mengembangkan, Membina,dan Melindungi Bahasa

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Babel Drs. Hidayatul Astar, M.Hum mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi kepekaan, membina serta melindungi bahasa daerah, bahasa Indonesia, kemampuan atas bahasa asing agar dapat meningkatkan kualitas komunikasi dalam usaha membina. Selain itu tujuan lainnya adalah menjaga kelestarian bahasa, membekali dan memberikan wadah kepada generasi bangsa agar dapat berbahasa dan berkomunikasi lebih baik.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin