Sekda Babel: BPBD Segera Bentuk Tim Penanganan Bencana

Pangkalpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Yan Megawandi, S.H., M.Si meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk segera membentuk tim penanganan bencana. Pasalnya pada bulan Desember sampai dengan Februari akhir Indonesia akan mengalami cuaca ekstrim. Hal tersebut disampaikan oleh Sekda saat menjadi Pembina Upacara di Halaman Kantor Gubernur pada Senin (11/12/2017).

"Khusus untuk BPBD saya minta untuk disiapkan rapat koordinasi antar instansi untuk membentuk tim penanganan bencana, segera untuk dilaksanakan rapat di tingkat provinsi yang akan langsung dikomando oleh  Gubernur," ungkap Sekda.

Sekda juga meminta agar BPBD, Dinas Sosial, Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan serta perangkat daerah terkait untuk selalu siaga dengan bencana serta dapat mempersiapkan diri dan peralatan serta SDM untuk melaksanakan standar operasi prosedur penanggulangan bencana.

"Saya berharap untuk dimonitor, diamati, dan dicermati dengan sungguh oleh kepala perangkat daerah dan pejabat Eselon di jajaran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk kesiagaan menghadapi bencana," tegas Sekda.

Tak hanya itu, dalam arahannya Sekda juga menegaskan kepada seluruh OPD untuk segera menyelesaikan administrasi untuk kegiatan 2017 dan penyampaian SPM Ganti Uang Persediaan ke Bakuda paling lambat tanggal 18 Desember 2017. 

Kemudian untuk penyampaian SM LS diaampaikan paling lambat 29 Desember,  sedangkan untuk penyampaian SPM  gaji bulan Januari 2018 paling lambat sudah disampaikan pada 29 Desember 2017, dan untuk SPM TPP dan uang makan  bulan Desember sudah harus masuk pada 22 Desember 2017. Hal tersebut dilakukan agar perangkat daerah senantiasa mencermati aturan dalam dministrasi keuangan.

"Saya mengharapkan seluruh kehadiran kepala perangkat daerah untuk hadir dalam rangka mengevaluasi kinerja keuangan terutama serapan anggaran baik bersumber dari APBD maupun APBN2017," lanjut Sekda.

Kemudian Sekda  juga menekankan upaya meningkatkan retribusi daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah melalui perangkat daerah yang bertanggung jawab terhadap retribusi dan pendapatan asli daerah.

"Saya minta perhatian kepada Bakuda dan seluruh perangkat daerah yang mengelola retribusi daerah masih memiliki waktu 19 hari kedepan utk mengoptimalkan pendapatkan melalui retribusi, karena APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2018 sudah disahkan," kata Sekda.

Selain itu Sekda juga berharap agar masing pejabat pengelola keuangan daerah yang ada di masing masing perangkat daerah untuk meneliti dan mempriorotaskan hal hal yang penting.

"Saya yakin Kepala OPD sudah bisa menentukan mana yang menjadi prioritas dalam tugasnya sehingga kita semua dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien," tegas Sekda.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Evani