Sekda Babel: Ciptakan Wirausahawan Muda Berdedikasi Tinggi

Pangkalpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H.Yan Megawandi, S.H., M.Si membuka secara resmi Pelatihan Kewirausahaan Pimpinan Wilayah Pemuda ( PWPM ) Muhammadiyah Bangka Belitung Tahun 2017, di Lapas Narkotika Kelas III Pangkalpinang, Senin ( 04/12 ).

Pelatihan tersebut mengangkat tema "Merawat Semangat Untuk Berwirausaha Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi".

Kepedulian sikap suatu organisasi kepemudaan serta semangat untuk mendorong dan menciptakan kreativitas jiwa kewirausahaan terhadap generasi muda merupakan suatu konsep pemikiran dalam menciptakan para wirausahawan muda handal, tangguh, serta berdedikasi tinggi 

"Permasalahan yang perlu mendapat perhatian kita bersama adalah ketidakseimbangan antara jumlah angkatan dan kesempatan kerja. Jumlah angkatan kerja cenderung meningkat sedangkan jumlah kesempatan kerja relatif tetap sehingga angka pengangguran yang masih cukup tinggi serta kualitas tenaga kerja yang masih rendah," ungkap Sekda Babel.

Sekda juga mengemukakan kegiatan ini sejalan dengan Visi Misi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu menuju Babel Baru yang unggul.

"Pembangunan negara pada hakikatnya bertujuan menciptakan kemakmuran kepada masyarakat untuk pengentasan kemiskinan serta mengurangi  tingkat pengangguran. Sedangkan pengangguran dan kemiskinan merupakan ketidakmampuan dalam bekerja untuk mencari nafkah bagi diri sendiri maupun keluarga," jelas Sekda.

Menyikapi permasalahan pengangguran pada masa globalisasi dewasa ini, dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat  berkembang, hampir setiap saat perubahan terjadi pada sektor kehidupan bermasyarakat. "Oleh sebab itu merupakan tantangan kita bersama dalam mengatasi pengangguran," lanjut Sekda.

Sekda mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menggalakkan semangat kewirausahaan sehingga kemiskinan dan pengaguran dapat diatasi."Saya mengajak kepada para peserta pelatihan untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik - baiknya sebagai bekal menghadapi tantangan global," ajak Sekda kepada 150 (seratus lima puluh) peserta yang terdiri dari narapidana dan para keluarga. 

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Ketua Muhammadiyah, Ketua Pemuda Muhammadiyah, Asisten Pemerintah Kota Pangkalpinang , Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta unsur Forkopimda.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Firmansyah