Sekda Babel: Diplomasi Bahasa Penting Dalam Dunia Globalisasi

 

PANGKALPINANG  –  Sebagai upaya mendukung, menjaga, melestarikan serta meningkatkan pemakaian bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan pemilihan Duta Bahasa Tingkat Provinsi, bertempat di Hotel Puncak pada Sabtu (29/04).

 Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Provinsi tersebut mengusung tema “Peningkatan Peran Duta Bahasa Dalam Usaha Mengembangkan, Membina, Melindungi Bahasa”. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si yang sekaligus membuka lomba Pemilihan Duta Bahasa.

Di hadapan 153 peserta perlombaan, Yan Megawandi mengatakan pemilihan duta bahasa seyogianya perlu dilakukan karena kemampuan berkomunikasi dan berbahasa dengan baik menjadi tolok ukur keberhasilan dalam menghadapi dunia globalisasi dan persaingan usaha.

“Dunia persaingan usaha saat ini memerlukan komunikasi yang baik untuk mencapai apa yang menjadi keinginan pelaku usaha. Karena sekarang para pelaku dunia bisnis menempatkan kemampuan berdiplomasi menjadi salah satu ujung tombak mengembangkan dunia usaha mereka”, ungkap Sekda.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hidayatul Astar menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada mahasiswa agar dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka, terutama kemampuan dan kecakapan dalam berbahasa yang mereka miliki, baik itu bahasa daerah, bahasa Indonesia mapun bahasa asing. Diharapkan melalui perlombaan ini para peserta dapat meningkatkan kualitas komunikasi, analisis, kemandirian, penampilan dalam pergaulan mereka maupun di lingkungan yang lebih luas.

“Pentingnya peningkatan diplomasi dalam berkomunikasi memiliki peranan penting untuk dapat berinteraksi antar sesama. Untuk itu perlu ditingkatkan kemampuan dan kualitas diri dalam berbahasa agar dapat bersaing dalam dunia global yang sekarang ini semakin ketat persaingannya”, terang Hidayatul.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin
Editor: 
Ahmad Fauzan Syahzian