Sekda Babel Launching Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Tahun 2018

PANGKALAN BARU - Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (Proprov) V Kepulauan Bangka Belitung di Bangka Tengah Tahun 2018 resmi dilaunching oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Yan Megawandi, S.H, M.Si di Grand Vella Hotel, Rabu (08/11/2017).

Pekan Olahraga Provinsi merupakan even olahraga yang diselenggarakan selama 4 (empat) tahun sekali dan pada 2018 mendatang dilaksanakan di Kabupaten Bangka Tengah. Sebelumnya Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung, Kabupaten Bangka Selatan dan terakhir Kabupaten Belitung Timur merupakan tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi sebelumnya.

Sebagai Logo dan Maskot Porprov V tahun 2018 mendatang diberi nama Napoh. Napoh merupakan hewan asli, sejenis pelanduk besar dan hewan tersebut  merupakan hewan yang cerdik, gesit, berani dan percaya diri dan saat ini habitatnya hampir punah. 

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh mengatakan salah satu kesiapan Bangka Tengah dalam persiapan Porprov V tahun 2018 ini adalah meluncurkan Logo dan Maskot yang mengangkat hewan khas Kabupaten Bangka Tengah yaitu Hewan Pelanduk atau biasa dikenal sebagai hewan Napoh. "Hewan ini melambangkan kesegaran dan kebugaran, warnanya yang bermacam melambangkan semangat yang berkobar dan menjunjung tinggi sportifitas dalam kompetisi olahraga," jelas Ibnu.

Lebih lanjut Ibnu Saleh menjelas Maskot ini divisualisasikan berekspresi ceria, bersahabat dan optimis dengan membawa obor dengan 7 (tujuh) mata api yang menggambarkan akan diikuti oleh 7 Kabupaten/ Kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Maskot tersebut juga memegang medali emas yang diperuntukkan kepada para atlet dan dibalut busana adat melayu dengan kancing baju berjumlah 5 (lima) buah yang menggambarkan pelaksanaan Porprov ke V, serta menggunakan Kopiah Resam yang menjadi ciri khas Kabupaten Bangka Tengah.

Dengan Maskot ini diharapkan agar atlet provinsi dapat seperti Napoh sehingga dapat mengalahkan atlet-atlet provinsi atau negara lain diajang olahraga tingkat nasional maupun internasional. Pasalnya ajang Porprov merupakan seleksi bagi atlet Bangka Belitung yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Pra PON tahun 2019 dan Porwil tahun 2019 di Bengkulu, serta PON XX Tahun 2020 di Papua. 

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Yan Megawandi, S.H, M.Si saat meluncurkan secara resmi Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi  V Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 mengucapkan terima kasih kepada Panitia, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, KONI dan semua pihak yang menginisiasi ajang ini dan mengharapkan agar pelaksanaannya dapat dikawal bersama-sama. "Semua elemen terkait agar menyiapkan diri dan mensukseskan Pekan Olahraga Provinsi  V Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 yang akan diselenggarakan pada Bulan November 2018," ungkap Sekda.

Hadir pada acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Bupati Bangka Barat, unsur perwakilan dari Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ketua KONI Provinsi Kepuluan Bangka Belitung, serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemerintah KabupatenBangka Tengah.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Nonadp