Sekda Babel Menghadiri RUPS PT. Jamkrida Bangka Belitung

PANGKALPINANG - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ) PT. Jamkrida Babel, bertempat di Ruang Rapat Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, pada hari Senin ( 28/05/2018 ). 

RUPS juga dihadiri Pimpinan PT. Jamkrida Babel, serta kabupaten yang memilik saham di PT. Jamkrida Babel, yaitu Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka, serta Kabupaten Belitung. 

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan Penjaminan Pengkreditan Daerah (Jamkrida) Bangka Belitung merupakan lembaga keuangan yang memberikan kemudahan bagi para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dalam hal permodalan. Sekda juga menjelaskan niat awal pendirian Jamkrida adalah sebagai bentuk rasa kepedulian pemerintah daerah terhadap pengusaha kecil yang membutuhkan jaminan modal dari pemerintah dengan suku bunga yang rendah. 

"Bunga kredit yang dikeluarkan Jamkrida sangat rendah sekali, berkisar 1% sampai 2%, ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan usaha para pelaku usaha di wilayah Bangka Belitung," jelas Sekda Bangka Belitung selesai acara RUPS.

Terkait, dengan adanya beberapa daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang belum terlibat di dalam kepemilikan sahamnya di Jamkrida, Sekda menyampaikan agar pada tahun 2019 mendatang mereka dapat menanamkan sahamnya di Jamkrida. "Keempat daerah tersebut adalah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Selatan, dan Kabupten Belitung Timur. Kita berharap daerah tersebut dapat mendukung peran Jamrida,' jelas Sekda.

Menurut Sekda, modal usaha di Jamkrida yang telah ada berasal dari Pemerintah Provinsi sebesar 22.5 M, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah 5 M, Kabupaten Belitung 5M, sedangkan Kabupaten Bangka baru 2,5 M dari 5 M. 

Dalam hal ini, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung juga telah menyampaikan surat dan menghimbau kepada empat daerah yang belum terlibat untuk dapat melakukan penanaman modal serta menjalin kerjasama dengan pihak Perbankan agar memberikan jaminan penuh dalam rangka sama mengembangkan bisnis para pelaku usaha kecil dan menengah di daerah Bangka Belitung.

"Untuk ini komunikasi terus dijalin, dan juga meminta kepada para pengurus Jamkrida untuk dapat menunjukkan kinerjanya menjadi lebih baik," lanjutnya.

Oleh karena itu, eterlibatan daerah lainnya sangat diharapkan untuk dapat melakukan ekspansi bantuan permodalan, pasalnya dengan adanya modal yang kuat dapat melakukan terobosan atau strategi dalam membantu UMKM secara lebih luas.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin Inradio