Sekda Babel Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja Pemprov Triwulan I Tahun 2017

PANGKALPINANG – Untuk lebih memaksimalkan pelayanan publik dan capaian kinerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Triwulan I Tahun 2007, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si memimpin langsung pertemuan dengan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pejabat Esselon III di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada acara Coffee Morning di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin (03/04).

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan point penting untuk memperbaiki kinerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, seperti mempercepat layanan pengadaan barang dan jasa.

“Dalam proses pengadaan barang dan jasa, kita semua berkewajiban supaya proses pengadaan barang dan jasa sesederhana mungkin dan dilakukan secara cepat. Ini penting untuk dilakukan dalam bulan April ini agar kebutuhan masyarakat dapat terealisasi. Supaya hasil dapat maksimal, PA (Pengguna Anggaran) maupun PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pengadaan (RPP) Barang dan Jasa dengan berkonsultasi dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta labih aktif memantau RPP yang telah disusun”, ungkap Sekda.

Sekda Babel juga berharap di tahun 2018 nanti RPP dapat disusun bersamaan dengan penyusunan anggaran 2018. Selain itu beberapa catatan penting lainnya adalah peningkatan kinerja dan kedisiplinan pegawai, serta rencana pemeriksaan oleh BPK di OPD Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pada bulan ini juga, Catatan Harian Kinerja Pegawai akan berlaku. Untuk itu agar semua wajib memberikan Catatan atas apa yang dilakukan. Hal ini dilakukan agar semua pegawai mampu untuk menciptakan ruang kerja yang lebih kompetitif karena catatan ini akan mempengaruhi Tunjangan Kinerja Pegawai. Kepada seluruh Kepala OPD agar mempersiapkan diri terhadap pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan asset karena tidak lama lagi BPK akan masuk ke OPD Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka belitung untuk melakukan pemeriksaan”, lanjut Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sahirman, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan bahwa untuk mendapatkan kualitas pejabat yang bagus, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan seleksi terbuka kepada seluruh pegawai yang akan menduduki jabatan Administrator (Esselon III). Dan aturan serta tata cara tersebut sedang digodok oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Secara transparan kita akan membuka kesempatan kepada seluruh pegawai yang telah memenuhi persyaratan agar jabatan Esselon III dapat diisi oleh ASN yang berkualitas. Dan kita sedang menggodok draft Peraturan Gubernurnya”, terang Sahirman.

Diakhir pertemuan, Sekda Babel menyampaikan bahwa setiap OPD harus siap untuk memberikan informasi publik yang diminta oleh masyarakat. Karena itu wajib bagi seluruh OPD agar dapat memahami betul Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian
Editor: 
Noviansyah