Sekda Babel Semangati Pranata Humas Dalam Menjalankan Fungsi Pelayanan Kehumasan

Pangkalpinang – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi mengatakan bahwa dirinya akan menulis demi menyemangati para JFT (Jabatan Fungsional Tertentu) Pranata Humas (Prahum) yang ada di Bangka Belitung.

Hal tersebut diutarakan Sekda Babel pada pertemuan kehumasan Pranata Humas bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan, Staf Khusus Gubernur Bidang Komunikaai, Tim Komunikasi Gubernur, dan sejumlah pihak terkait lainnya. 

Pertemuan yang diselenggarakan pada 9 Januari 2018 tersebut bertempat di Ruang Tanjung Pesona, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung ini melibatkan 32 (tiga puluh dua) Jabatan Fungsional Pranata Humaa yang tersebar di sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sekda Babel mengharapkan Pranata Humas dapat berkontribusi untuk memberitakan perkembangan pembangunan Bangka Belitung dari berbagai sektor. “Diharapkan Pranata Humas yang bekerja di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat berkreasi dengan narasi berita yang diolah dari berbagai sudut pandang. Ini juga sekaligus melatih kita agar tidak monoton dalam membuat pemberitaan tentang program kegiatan pemerintah,” ujar Sekda.Babel.

Sebagai seorang pejabat daerah yang pernah menggeluti dunia kejurnalisan, Sekda Babel menyarankan agar Pranata Humas dapat membuat pemberitaan pemerintah menjadi bahan bacaan menarik dan dinikmati masyarakat.

“Membuat berita pemerintahan itu tidak mesti formal, cari suatu daya tari tertentu, walau pun kecil tapi kita yakin akan nilai daya tarik bacanya dan diangkat menjadi sebuah berita. Buat dengan judul yang menarik,” ujar Sekda. 

Sekda menilai sebagai jurnalis pemerintah, kinerja Pranata Humas harus dioptimalkan agar dapat membantu Pemerintah dari segi pemberitaan, baik terkait kebijakan maupun capaian kinerja OPD.    

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Fotografer: 
Nonadp (Pranata Humas Diskominfo Babel)