Sekda Babel : Serapan Anggaran Pemprov Babel Terbaik Pada Tahun 2017

Pangkalpinang – Upacara mingguan hari senin pagi tanggal 8 Januari 2018, merupakan upacara pertama yang digelar pemprov kep. Babel diawal tahun. Dimana upacara ini dilaksanakan di halaman kantor gubernur dengan pembina upacara adalah Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi, dan peserta acara dari seluruh pegawai pemerintahan provinsi kepulauan Babel.

Dalam upacara pagi itu, Yan Megawandi menyampaikan beberapa hal dalam pencapaian yang telah dilakukan oleh pemerintah sepanjang tahun 2017. Menurut Yan, tahun 2017 merupakan serapan anggaran terbaik .

“Angka pastinya masih menunggu laporan dari kepala Bakuda, tetapi sudah diatas 91% seperti yang sudah kita rencanakan. Jadi ini sudah melampaui target rencana kita,” ujar Yan Megawandi.

Selain itu Ia juga menyampaikan mengenai angka inflasi provinsi Babel tahun 2017 pun hanya berada di angka 3,13%. Dimana angka tersebut dibawah target pemerintah pusat.

“Ini merupakan angka inflasi terbaik yang pernah dicatat di provinsi ini. dan angka itu masih dibawah target yang diberikan pemerintah pusat kepada provinsi kepulauan Bangka Belitung,” ungkap Yan.

Dalam peningkatan keluarga miskin di provinsi Bangka Belitung tahun 2017 terjadi kenaikan sebanyak 0,1% yaitu kurang lebih 1900 orang. Kenaikan ini dapat dilihat pada bulan Maret 2017 sebesar 5,2%, kemudian pada bulan September 2017 menjadi 5,3%.

Yan pun berpesan kepada seluruh jajaran pegawai di pemerintahan provinsi Babel agar dapat bekerjasama dalam mengurangi angka kemiskinan. “Ini merupakan kerja kita bersama untuk dari waktu kewaktu mengurangi angka kemiskinan, menyiapkan lapangan pekerjaan dan juga meningkatkan PDRB yang ada di masyarakat Babel,” pesan Yan kepada para pegawai pemprov.

Selanjutnya Yan mengatakan ada beberapa catatan BPK yang telah diselesaikan pada 21 Desember yang lalu. Untuk itu, Ia menghimbau kepada tiga Instansi (Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, dan Biro Umum) agar melakukan percepatan rekonsiliasi barang milik daerah paling lambat tanggal 10 Januari 2018, agar laporan keuangan menjadi lebih baik lagi.

“Target kita tahun ini mencapai Wajar Tanpa Pengecualian,” pungkas Yan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo