Sekda Babel: Wariskan Lingkungan Sehat Untuk Generasi Masa Depan

Pangkalpinang - Dalam rangka memperingati Hari Anti Tembakau Sedunia Tahun 2018, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Seminar Kesehatan dengan mengusung tema "Rokok Penyebab Sakit Jantung dan Melukai Hati Keluarga", bertempat di Bangka City Hotel, Pangkalpinang, pada hari Kamis (17/05/2018).

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si bersama  dr. Sandra Diah Ratih selaku Kepala Subdirektorat Penyakit Paru Kronis dan Gangguan Imunologi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular menjadi pembicara dalam seminar kesehatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa angka  penderita penyakit tidak menular yaitu hipertensi dan perokok di wilayah Bangka Belitung sangat tinggi sekali.

"Menurut survei pada tahun 2013 lalu, kita berada pada tingkat pertama terhadap dua penyakit menular tersebut," terang Sekda. 

Diharapkan dengan adanya seminar ini, langkah untuk mengampanyekan penyakit tidak menular dapat terus ditingkatkan sehingga angka penyakitnya dapat ditekan.

Sekda juga mengatakan bahwa seluruh stakeholder dapat berdiskusi dan mengevaluasi secara bersama agar dapat menghasilkan kebijakan yang mampu menurunkan turbulensi penyakit tidak menular antara lain dengan melakukan kebijakan perluasan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

"Upaya pemerintah untuk menekan penyakit ini sudah dilakukan dengan membuat Peraturan Daerah dan Peraturan Gubernur terkait dengan Pembentukan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)," jelas Sekda.

Bukan itu saja, terkait dengan pendapatan dari pajak rokok, Sekda menjelaskan bahwa pemerintah tidak hanya melihat dari segi pendapatan saja, akan tetapi mulai berpikir berapa biaya yang dikeluarkan untuk menangani persoalan tersebut.

"Dengan satu tekad bersama kita ingin mewariskan kepada generasi masa depan suatu lingkungan yang jauh lebih baik dari sekarang," harap Sekda.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin
Fotografer: 
Erwin