Sekda Harap Kinerja OPD Semakin Meningkat

Pangkalpinang, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Kinerja, Perjanjian Kinerja dan Rencana Aksi Kerja di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, pada hari Selasa (09/10/18 ).

Dalam sambutannya di hadapan Perangkat Organisasi Perangkat Daerah, Sekda memaparkan bahwa berdasarkan  penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap 34 Provinsi dan 525 Kabupaten / Kota seluruh indonesia dimana setiap tahun di publikasikan melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri.

"Pada tahun 2016, LPPD Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada pada ranking ke - 17," papar Sekda.

Berdasarkan penilaian, Bangka Belitung termasuk tinggi dan terdapat sembilan provinsi yang memilki angka tinggi, seperti  Provinsi Jawa Timur,  Provinsi Jawa Tengah, serta Provinsi Jawa Barat dengan meraih lima Bintang.

Penilaian ini dilakukan atau dihitung dari indikator perangkat daerah, seperti bidang pendidikan, kesehatan. "Untuk tahun 2017 belum dipublikasikan atau dikeluarkan akan tetapi kita ingin lebih baik dari tahun sebelumnya (2016)," harap Sekda.

Sekda juga menjelaskan selain penilaian kinerja yang dilakukan Kemendagri juga dilakukan penilaian kepada Pemerintah Daerah berdasarkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi. Dan menurut laporan sementara ada beberapa perangkat daerah yang pencapaiannya masih berada di bawah lainnya. 

"Karenanya,  terus berbenah jangan sampai menjadi yang terbawah, dan cermati hal hal yang dapat menaikkan kinerjanya di atas angka 75," ujar Sekda Yan Megawandi. 

Selain itu, Sekda juga meminta kepada 3 OPD yang memiliki pencapaian angka yang tinggi, seperti Bappeda, BKPSDMD, serta Rumah Sakit Provinsi untuk  secara bersama melakukan sharing agar dapat bersama mencapai angka penilaian maksimal agar apa yang masih dapat dilakukan sehingga naiknya secara bersama - sama.

"Ada dua hal yang saya tekankan, agar angka pencapaian dapat meningkat. Pertama Perangkat Daerah harus dapat  meningkatkan pointnya masing masing karena peningkatan ini akan mendongkrak Bangka Belitung kemudian dasar dari penyempurnaan ini adalah rencana strategis karena renstra ini menjadi pangkal suatu rencana dari suatu perangkat daerah," harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Firmansyah