Sekda : Perangkat Daerah harus Berinovasi dengan Memanfaatkan IT

Pangkalpinang - Pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang bersih, efektif dan efisien. Untuk mewujudkan ini dibutuhkan pemanfaatan IT dalam bentuk aplikasi yang mempermudah kerjaan.

"Birokrasi yang bagus, pemerintahan yang bagus itu bersih, efektif dan mempermudah pekerjaan. Jika ingin mewujudkan itu, pemerintah harus berinovasi dengan memanfaatkan IT," tegas Yan Megawandi Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ketika menjadi pembina apel pagi di Dinas Kominfo Babel, Rabu (15/03).

Yan menuturkan bahwa kedepan perangkat daerah diharapkan dapat melakukan inovasi pada bidang kerjaannya. Seperti inovasi di bidang keuangan dan kepegawaian dalam bentuk aplikasi  IT bisa membuat pekerjaan jadi efektif dan efisien. Dengan IT, tahapan pekerjaan akan lebih mudah dan cepat. Pekerjaan bisa dilakaukan dengan menggunakan smarphone.

"Perangkat daerah harus mampu berinovasi. Inovasi yang buat semua terhubung dengan smartphone. Adanya inovasi dengan IT, saya rasa bisa memotong tahapan yang awalnya 15 tahap mungkin bisa jadi hanya 10 tahap," paparnya.

Selain inovasi, Yan juga mengatakan bahwa kedepan diperlukan perubahan dalam rekrutmen pegawai dan pembayaran tunjangan. Rekrutmen pegawai  harus berdasarkan spesifikasi jabatan yang match dengan kualifikasinya. Sedangkan tunjangan akan berbasis pada beban kerja dan kinerja. 

"Jadi nanti akan model talent management tools dalam proses rekrutmen pegawai. Ini tentunya akan memudahkan kita menghasilkan SDM berdasarkan kualifikasi dan keahlianya. Tunjangan dibayar berdasarkan beban kerja. Semakin besar beban kerjanya, semakin tinggi tunjangannya. Jadi nanti tak ada lagi istilah PGSD," ujar Yan.

Pemilihan Gubernur telah selesai. Yan meminta pegawai untuk tidak perlu risau dengan pemimpin yang baru. Mau dipakai atau tidak, itu urusan nanti. Yang penting bekerja dengan baik
"Yang penting kerja, kerja. Kerja makin bagus, dan kita makin dihargai," tutup Yan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto