Sekda Yan Megawandi : Babel Relatif Aman Namun Tetap Waspada Dengan Kemungkinan Konflik

 

Pangkalpinang – Indonesia merupakan bangsa yang multi kultural. Dibutuhkan upaya-upaya sinergis antar seluruh elemen bangsa agar tercipta keamanan, ketentraman, ketertiban umum dan kesejahteraan rakyat. Untuk itu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) bersama Kemenko Polhukam RI mengadakan Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Kewaspadaan Nasional, Ruang Mahligai, Rumah Dinas Gubernur pada Hari Senin (8/10).

Forum ini diharapkan dapat memberikan gagasan dan juga deteksi dini dalam segala upaya pencegahan terhadap segala macam potensi ancaman di Indonesia pada umumnya, dan di Negeri Serumpun Sebalai khususnya.

“Kewaspadaan nasional juga dapat diartikan sebagai sikap dalam hubungannya dengan nasionalisme yang dibangun dari rasa peduli dan tanggung jawab seorang,” kata Sekda Yan Megawandi saat menyampaikan sambutannya.

Maka untuk  memperkuat kewaspadaan nasional dapat melakukan beberapa langkah, ujar Sekda. Langkah-langkah tersebut seperti penguatan fungsi koordinasi seluruh stakeholder. Selain itu persamaan persepsi antar seluruh pemangku kepentingan sangat dibutuhkan, dan mengikis ego sektoral.

Lebih jauh dengan memberdayakan dan meningkatkan peran lembaga budaya dan menghormati kearifan lokal dapat juga dilakukan dalam memperkuat kewaspadaan nasional dalam kehidupan bermasyarakat. Begitu juga dengan mendorong pemberdayaan masyarakat melalui forum-forum kemitraan pemerintah dan masyarakat.

“Walaupun di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekarang ini dalam kondisi yang aman dan kondusif, namun tidak menutup kemungkinan potensi-potensi konflik yang ada akan terpicu menjadi hal-hal yang anarkis,” pungkas Sekda.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
khalimo
Editor: 
Fitra