Seleksi Anggota Komisi Informasi Babel Akan Dimulai September 2017

 

JAKARTA - Dalam rangka memantapkan tahapan dan proses seleksi anggota Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Panita Seleksi Anggota Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kunjungan kerja ke Komisi Informasi Pusat yang beralamat di Jalan Abdul Muis Jakarta Pusat pada Senin (04/09/2017). Dwi Haryadi, perwakilan dari 5 (lima) tim seleksi hadir bersama Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ahmad Fauzan.

Sebelum melakukan kunjungan kerja ke kantor Komisi Informasi Pusat, Panitia Seleksi telah melakukan rapat terkait mekanisme penerimaan anggota Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung pada 28 Agustus lalu. Maka untuk lebih memantapkan mekanisme seleksi, panitia seleksi melakukan kunjungan kerja dengan KI Pusat, terkait tahapan seleksi, khususnya persyaratan dan tahapan yang perlu dilalui oleh calon peserta.

“Tim seleksi akan segera menyusun draft persyaratan dan selanjutnya akan diumumkan secara terbuka melalui media lokal," ungkap Ahmad Fauzan.

Lebih lanjut dijelaskan Ahmad Fauzan, berdasarkan hasil kunjungan kerja tersebut panitia seleksi telah mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang seleksi anggota Komisi Informasi, mulai pendaftaran hingga penyerahan nama 10 (sepuluh) besar kepada gubernur.

“Pengumuman penerimaan peserta seleksi anggota Komisi Informasi Pusat diperkirakan pada tanggal 7 September 2017. Kita berharap 10 (sepuluh) besar nama calon yang lulus dalam seluruh tahapan seleksi dapat disampaikan kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung di akhir September 2017," ungkap Ahmad Fauzan.

Dalam pertemuan dengan KI Pusat, Ketua KI Pusat, John Fresly  hadir langsung menerima Tim Seleksi dan Pantia Seleksi dari Babel. Bersama Sekretariat dan Tenaga Ahli KI Pusat, John Fresly menjelaskan beberapa mekanisme dan poin-poin persyaratan yang juga digunakan dalam seleksi Anggota KI Pusat dan saat ini sedang berlangsung tahapan fit and proper test di DPR.

John Fresly menerima dengan baik kedatangan Tim Seleksi dan Panitia Seleksi KI Babel,sebab menurutnya koordinasi seperti ini perlu dilakukan selama seleksi berjalan, terutama laporan dari salah seorang tim seleksi yang menjadi perwakilan dari KI Pusat, yaitu Zaidan yang menjabat sebagai Sekretaris sekaligus Anggota Tim Seleksi berdasarkan rekomendasi dari KI Pusat. “Pak Zaidan harus berperan aktif melaporkan perkembangan tahapan seleksi ke pihak kami,” ungkapnya saat rapat koordinasi berlangsung di ruang pertemuan KI Pusat.

Dalam pertemuan ini dihasilkan beberapa poin persyaratan baik secara umum dan khusus bagi perserta seleksi yang akan segera akan diumumkan. Kemudian akan dilanjutkan dengan seleksi administrasi yang akan menggugurkan peserta yang tidak memenuhi persyaratan. Tahapan akan dilanjutkan dengan Tes Potensi/Tertulis, Psikotes, Penulisan Makalah, Wawancara hingga Fit and Proper test oleh DPRD Babel.

Setelah tahapan fit and proper test selesai di DPRD, maka DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyerahkan 5 (lima) nama kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, untuk selanjutnya dapat dilakukan pelantikan anggota Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017-2021.
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
nonadp