Seleksi Anggota KPID Babel, Subardi: Satu Pelamar Tak Mengikuti Tes Tertulis

PANGKALPINANG - Sebanyak 34 pelamar mengikuti tes tertulis seleksi anggota KPID Babel periode 2018-2021. Kegiatan yang digelar di Lantai IV Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung tersebut berupa uji  kompetensi di bidang penyiaran dan psikotes. Sedikitnya tiga jam waktu diberikan panitia kepada peserta untuk mengisi 50 soal ujian.

Subardi Ketua Timsel KPID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2018-2021 menjelaskan,  terdapat 39 pelamar lulus seleksi administrasi, empat di antaranya merupakan petahana KPID periode sebelumnya. Sesuai peraturan, petahana tidak lagi mengikuti ujian tertulis dan nanti langsung fit and proper test.

Selain empat peserta petahana, kata Subardi, ada satu pelamar tidak mengikuti ujian tertulis, sehingga  jumlah peserta yang mengikuti ujian tertulis hanya 34 orang. Panitia memberikan waktu untuk mengerjakan soal selama tiga jam menggunakan sistem CAT.

"Setelah ujian tertulis ini, kita diberikan waktu selama 15 hari untuk menentukan dan mengumumkan siapa saja lulus tes tertulis. Uji kompetensi di pantau langsung Ombusman RI perwakilan Babel dan Komisi Informasi Babel," kata Subardi saat ditemui usai pelaksanaan ujian tertulis, di Lantai IV, Kantor Gubernur Babel, Rabu (9/5/2018).

Sebelumnya dilansir (http://babelprov.go.id/content/39-pelamar-kpid-lulus-seleksi-administras...), timsel membuat sebanyak 89 soal. Kemudian dari sejumlah soal tersebut diambil sebanyak 50 soal. Teknik pengambilan soal dari 89 menjadi 50 soal menggunakan teknik system random sampling. 

Lebih jauh Subardi mengatakan, timsel akan melakukan seleksi dan mengambil sebanyak 21 nama yang berhak mengikuti fit and proper test yang akan dilakukan oleh DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain 21 nama pelamar, empat petahana juga mengikuti tahapan seleksi tersebut.

"Alhamdulillah pelaksanaan tes tertulis berjalan lancar dan tidak ada masalah. Sebelum mengerjakan soal, peserta ujian mendapatkan pengarahan dari panitia. Semoga pelaksanaan seleksi ini berlangsung lancar hingga tahapan akhir," harap Subardi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari