Seleksi Tahfizh Al Qur'an 2019 Dilaksanakan dalam Bulan Ramadhan

PETALING - 12 Mahasiswa mengikuti seleksi Tahfizh Al-Qur'an di Gedung Terpadu Kampus IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Babel, Selasa (21/05). Seleksi ini merupakan tahap akhir setelah dilakukan seleksi sebelumnya untuk menjaring tahfizh-tahfizh Al-Qur'an kelahiran Babel. 
 
Program Tahfizh ini telah dimulai sejak tahun pertama Bapak Erzaldi menjabat sebagai Gubernur Babel 2017 lalu dan berlanjut pada tahun 2018 dan 2019 dengan jumlah peserta yang terus meningkat setiap tahunnya. Tujuannya sendiri adalah untuk menjaring bibit tahfizh asal Babel. 
 
Berbeda dari tahun sebelumnya, seleksi untuk jenjang Mahasiswa dibuat terpisah dengan jenjang lainnya. 
 
Selain itu, Program ini merupakan komitmen Gubernur Babel untuk memberikan beasiswa kepada para tahfizh yang sedang menjalankan pendidikannya. 
 
Gubernur Babel sendiri menginstruksikan seleksi tingkat mahasiswa ini diadakan dalam Bulan Ramadhan dan akan dilanjutkan kemudian sesuai jenjang tingkatan, mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dan sederajat. 
 
Menurut Soleh, Kepala Dinas Pendidikan Babel yang berhasil masuk dalam tahap akhir seleksi ini merupakan mahasiswa Strata 1 dan Strata 2 kelahiran Babel yang sedang menjalankan pendidikan. 
 
Tidak hanya mahasiswa asal Babel yang menjalankan pendidikan pada Perguruan Tinggi di Babel saja, tetapi juga mahasiswa yang menjalankan pendidikannya pada Perguruan Tinggi di luar Babel, diantaranya Surabaya, Sulawesi dan Palembang. 
 
“kriteria untuk jenjang mahasiswa adalah tahfizh yang hafal setidaknya 5 juzz dalam kitab suci Al-Qu'ran,” ungkap Soleh saat ditemui di tempat pelaksanaan seleksi.
Hanya saja, menurutnya peserta yang berminat mengikuti seleksi ini lebih banyak dari mahasiwa IAIN sendiri, sedangkan pihaknya telah memberitahukan secara resmi kepada semua Universitas yang ada di Babel. 
 
Agenda lain bersamaan dengan seleksi Tafizh ini adalah buka puasa bersama di Kampus IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Babel bersama Gubernur dan Perangkat Daerah Provinsi Babel, Kepala Biro Kesra Babel yang hadir pada saat itu mengatakan bahwa kehadirannya selain dalam rangka mendukung agenda seleksi Tahfizh, juga rangkaian agenda Safari Ramadhan bersama Bapak Gubernur.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Fitra