Semarak Kampanye Gema Sabuk Amang di Desa Nibung Bangka Tengah

Pangkalpinang – Kepala Dinas Pangan, Damiri, Kamis (10/10) menghadiri acara Kampanye Gerakan Gemar Makan Sayur, Buah, Umbi-Umbian, Kacang-Kacangan dan Ayam Merawang (Gema Sabung Amang) di Desa Nibung Kecamatan Koba.

“Diharapkan dengan adanya acara ini pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dapat terwujud pada masyarakat Bangka Belitung umumnya”, jelas Damiri pada saat memberikan sambutannya. Damiri juga menjelaskan tujuan diselenggarakannya acara Gema Sabuk Amang.

“Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah untuk mendorong terwujudnya kesadaran masyarakat agar mengonsumsi sayuran, buah, umbi-umbian, kacang-kacangan dan ayam merawang guna meningkatkan kualitas kesehatan dan prilaku hidup bersih dan sehat,” papar Damiri.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan pencegahan dan deteksi dini kerawanan pangan dan masalah gizi dalam mempercepat perbaikan gizi di masyarakat. Tujuan berikutnya untuk menggali dan menerapkan nilai serta kearifan lokal sebagai bagian dari upaya pelaksanaan Gema Sabuk Amang,” papar Damiri. “Tujuan yang terakhir adalah untuk membangun dan menjalin kerjasama, koordinasi dan hubungan kerja yang baik dengan semua unsur masyarakat dalam pelaksanaan Gema sabuk Amang,” tutup Damiri.

Kegiatan Gema Sabuk Amang selain Dinas Pangan Provinsi, juga melibatkan unsur-unsur terkait yang diantaranya adalah Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Ibu-Ibu KWT Mentari Desa Nibung, dan siswa-siswi dari SDN 07 Desa Nibung sebagai peserta Kampanye Gema Sabuk Amang. Pada kesempatan ini, anak-anak diberikan masukan tentang pentingnya  mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dengan cara yang menyenangkan. 

Adapun Dinas Kesehatan Bangka Tengah memberikan simulasi kepada siswa-siswi SDN 7 Desa Nibung Kabupaten Bangka Tengah tentang gerakan cuci tangan yang benar. Bagi siswa yang  mencuci tangan dengan benar serta menjawab pertanyaan dari Kepala Dinas Pangan, Damiri dan Bupati Bangka Tengah yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Elly Irsyah, dengan tepat, diberikan hadiah (door prize). Pemberian hadiah disambut antusiasme anak-anak SDN 7 Desa Nibung dengan berebutan menunjuk tangan dan menjawab pertanyaan.

“Siapa yang tahu nama Bupati Bangka Tengah saat ini?” Tanya Elly Irsyah yang mewakili Bupati Bangka Tengah kepada anak-anak SDN 7 Desa Nibung. “Erzaldi Rosman!” seru salah seorang siswa dengan lantang. Jawaban salah ini mengundang tawa semua tamu yang hadir. Anak-anak SDN 7 Desa Nibung pada kesempatan ini juga diberikan kalender tentang Gema Sabuk Amang sebagai kenang-kenangan.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bangka Tengah, Kadis Pangan Bangka Tengah, Kadis Kesehatan, Inspektorat Bangka Tengah, Kepala Bappelitbangda Bangka Tengah, Camat Koba, Kepala Desa Nibung, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Nibung ini memukul gong sebagai pertanda dibukanya acara Gema Sabuk Amang dan Launching Rumah Pangan Lestari.

Sumber: 
Dinas Pangan Babel
Penulis: 
Dini