Semua Stakeholder Dilibatkan Mengawal Demokrasi, Sekda Berharap IDI Meningkat

PANGKALPINANG - Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi mengajak semua stakeholder bekerja sama mengawal demokrasi. Pasalnya jika nilai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) meningkat berdampak terhadap citra positif Bangka Belitung.

"Jika IDI meningkat, citra Babel semakin hari akan semakin bagus," kata Sekda Yan Megawandi saat Kegiatan Penguatan Indeks Demokrasi (IDI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018, di Bangka City Hotel, Pangkalpinang, Rabu (21/3/2018).

Siapapun boleh mengkritisi, namun Yan Megawandi berharap kritikan tersebut disertai solusi. Sehingga jika terjadi persoalan sama di kemudian hari, dapat ditangani secara sigap dan tepat. Tahun 2016, penilaian IDI Babel cukup baik dan mendapatkan penghargaan dari Mendagri.

Sebagaimana diketahui, penilaian IDI Babel tahun 2016 meraih peringkat dua setelah Yogyakarta. Untuk itu, kata Yan Megawandi, minimal bisa menjaga dan mempertahankannya. Anggota Pokja IDI harus bisa berdiskusi dengan suasana santai, agar ide-ide brilian muncul.

Perlu menjadi perhatian anggota Pokja IDI, yaitu membuat persepsi sama dalam memberikan penilaian. Dikatakan Yan, persepsi tersebut untuk mengukur indeks demokrasi tahun 2017. Karena semua elemen terlibat dalam pembahasan ini, terutama BPS menjadi kunci penting.

"Temukan gagasan baru dalam konteks meningkatkan cara pandang penilaian indeks demokrasi ini menjadi penting. Bicara dalam prospektif di tahun 2017 dan saran disiapkan untuk ke depan. Semoga banyak tergali sisi positifnya," harap Yan Megawandi.

Sementara Tarmin Kepala Badan Kesbangpol Bangka Belitung mengatakan, kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan mencari gagasan baru dalam rangka meningkatkan indeks demokrasi. Pasalnya indikator penilaian sangat dinamis, sehingga nilai bisa turun sewaktu-waktu.

"Jika tidak meningkat, kita berharap bisa mempertahankan. Namun penilaian ini tidak hanya tergantung dengan institusi di pemprov. Sebab kebijakan di kabupaten kota juga mempengaruhi indeks ini," jelas Tarmin.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
adit