Senin, Timsel KPID Umumkan Peserta Lulus Administrasi

PANGKALPINANG -- Rencananya Senin (7/5) nanti Tim Seleksi (Timsel) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bangka Belitung akan mengumumkan peserta yang lulus seleksi administrasi. Usai lulus verifikasi administrasi, selanjutnya pelamar anggota KPID mendapatkan kesempatan mengikuti tes kompetensi (bidang penyiaran dan psikotes).

Subardi Ketua Timsel KPID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2018-2021 menjelaskan, sebelumnya terdapat  40 pelamar mendaftar. Mengenai siapa saja lulus seleksi administrasi akan diumumkan Senin mendatang. Pengumuman nama pelamar yang berhak mengikuti rangkaian seleksi lanjutan diumumkan melalui media massa.

"Bagi peserta lulus seleksi administrasi bisa mengikuti uji kompetensi yang rencananya akan digelar tanggal 9 Mei mendatang. Pelaksanaan ujian di Lantai 4 Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung," kata Subardi, Jumat (4/5/2018).

Timsel telah mempersiapkan soal untuk uji kompetensi di bidang penyiaran. Subardi menjelaskan, timsel membuat sebanyak 89 soal. Kemudian dari sejumlah soal tersebut diambil sebanyak 50 soal. Teknik pengambilan soal dari 89 menjadi 50 soal menggunakan teknik system random sampling. Sedangkan dalam pengerjaan soal nantinya menggunakan sistem CAT.

Mengenai penguji menggunakan sistem CAT tersebut, kata Subardi, timsel menyerahkan kapada pihak independent. Terdapat 50 soal terkait penyiaran yang harus dikerjakan pelamar, dan ada kemungkinan penyusunan urutan soal antara peserta satu dengan peserta lainnya berbeda. Namun semua itu diatur dan dipercayakan kepada tim pelaksana CAT.

Selain tes kompetensi di bidang penyiaran, pelamar juga akan mengikuti psikotes. Menyinggung mengenai sistem penilaian kelulusan, menurut Subardi, untuk hasil psikotes mendapatkan porsi 60 persen. Sementara untuk penilaian kompetensi di bidang penyiaran 40 persen. Peserta lulus seleksi administrasi dapat mempersiapkan diri sejak dini. Peserta yang lulus uji kompetensi akan ditentukan sistem rangking.

"Peserta nantinya disusun berurutan berdasarkan peringkat nilai. Sebanyak 21 peserta pelamar akan diambil untuk direkomendasikan ke Komisi 1 DPRD Babel untuk mengikuti fit and proper test. Khusus bagi peserta petahana bila lulus seleksi administrasi langsung bisa mengikuti fit and proper test," kata Subardi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
istimewa