Senior Harus Menjadi Contoh PNS Junior

Namang – Disiplin menjadi kunci penting membangun bangsa. Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus meningkatkan sikap disiplin, sehingga tak disepelekan masyarakat. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bela Negara diharapkan dapat membentuk pegawai yang disiplin.

Demikian disampaikan Hidayat Arsani Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat membuka Diklat Bela Negara, di lapangan upacara Makorem 045 Garuda Jaya, Kecamatan Namang, Kamis (2/4/2015).

Selain itu, jelasnya, senior-senior dan kepala SKPD harus terus mengajarkan hal-hal yang positif kepada juniornya, khususnya CPNS. Sehingga mental pegawai tersebut tidak teracuni hal-hal negatif. Karena CPNS ini merupakan pemimpin masa depan sebagai generasi penerus.

Diklat ini bertujuan menyatukan visi dan misi serta membentuk kerangka berpikir tentang pentingnya peningkatan kesadaran bela negara bagi setiap warga negara. Ia menambahkan, hal tersebut merupakan komponen bangsa. Selain itu untuk memperkokoh ketahanan bangsa dalam rangka mendukung kelangsungan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

CPNS harus mempunyai pedoman hidup sehat, pintar dan iman (SPI). Menurutnya, melalui pelatihan ini diharapkan semua anggapan masyarakat tentang hal negatif terhadap aparatur pemerintah dapat diubah. Pelaksanaan diklat tahun sebelumnya telah sukses dan memberikan dampak positif yang signifikan.

 “Perubahannya cukup baik, karena sebelumnya CPNS kita ini bermental ‘tempe’. Setelah menjalani diklat diharapkan mentalnya dapat lebih baik lagi,” tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari | Nona Dian Pratiwi | Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari