Sepuluh Peserta Ikut InaSkills Competition X

Pangkalpinang – Sebanyak sepuluh peserta mengikuti kegiatan Seleksi Daerah Indonesia Skill Competition X tahun 2013 di Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terdapat tiga kejuruan yang dilombakan di antaranya, web desing, restoran service, dan mecathronika. Sebagaimana dijadwalkan, seleksi ini digelar selama tiga hari terhitung, Rabu 24 hingga 26 April 2013.

Sapar Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mewakili kepala dinas mengatakan, peserta yang mengikuti kompetisi ini diharapkan jangan pernah mencoba untuk menyerah, dan jangan pernah menyerah untuk mencoba.

“Selain itu, jangan katakan kepada Allah SWT, saya mempunyai masalah besar. Tapi katakan kepada masalah bahwa saya mempunyai Allah SWT yang maha besar,” tegasnya men-support peserta saat membuka kegiatan tersebut, Rabu (24/4/2013).

Setiap peserta yang mengikuti kegiatan seleksi di daerah mempunyai kesempatan untuk mengikuti kegiatan serupa di tingkat nasional. Ia menambahkan, setidaknya ada satu peserta berkesempatan mengikuti seleksi ke jenjang lebih tinggi. Setiap peserta harus berani mengatakan lebih baik dari peserta lainnya.

“Semangat kita adalah, hari ini harus lebih baik dari kemarin. Sebab selalu ada yang lebih baik di dunia ini. Karena itu, ketika nanti terpilih untuk mewakili Bangka Belitung di tingkat nasional, harus yakin dan terus belajar,” harapnya.

Tak hanya itu, Sapar juga menginginkan agar pembimbing untuk tiga kejuruan ini, terutama pembimbing daerah untuk lebih fokus mengarahkan peserta. Sebagai motivasi bagi pembimbing tersebut, nanti akan diusahakan untuk mengalokasi dana insentif. Sehingga peserta yang akan mengikuti kegiatan ini di tingkat nasional mempunyai persiapan matang.

Tahun 2007 lalu, peserta kejuruan web desing dari Bangka Belitung pernah mewakili Indonesia untuk seleksi di tingkat asia. Dikatakan Sapar, prestasi tersebut telah menjadi kebanggaan bagi Indonesia dan Bangka Belitung khususnya. Seleksi kali ini dapat menjadi wadah untuk membuktikan bahwa putra-putri Bangka Belitung mempunyai kemampuan dan skill yang dapat diandalkan.

Sapar menyayangkan informasi dari pusat mengenai seleksi ini terlambat. Sebab jika informasi ini telah didapatkan lebih awal, maka akan ditunjang dengan dana APBD. Dulu Bangka Belitung bisa mengikutsertakan peserta seleksi untuk sepuluh kejuruan. Namun sekarang ini hanya mengikutsertakan seleksi untuk tiga kejuruan saja. Sebenarnya, ada sekitar 19 kejuruan yang dapat dilombakan di Negeri Serumpun Sebalai ini.

“Bagi peserta selamat berlomba dan bertanding. Namun harus diingat, mulailah dengan doa dan diiringi sikap sportif,” katanya.(hzr/adits)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Adi Tri Saputra
Tags: 
InaSkill