SIARAN PERS :IMT-GT UNIVERSITY NETWORK (UNINET) COORDINATION MEETING DALAM RANGKAIAN PERTEMUAN TINGKAT MENTERI IMT-GT KE-23

Pangkalpinang, 25 September 2017, Pada tahun 2017, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Pertemuan Tingkat Menteri Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle ke-23dan Pertemuan Terkait Lainnya, yang dilaksanakan pada tanggal 25 – 29 September 2017 di Novotel BangkaHotel. Mengawali pertemuan tersebut telah dilaksankan IMT – GT University Network Coordination Meeting yaitu pertemuan yang membahas kerjasama antar universitas di wilayah IMT-GT.

Turut hadir dalam pertemuan adalahSekretaris DaerahPemerintah Provinsi Bangka Belitung, Bapak Yan Megawandi, Perwakilan Universitas dari Indonesia, Malaysia dan Thailand. Tujuan utama pertemuan adalah pembahasan implementasi dari kerangka kerja UNINET (UNINET Strategic Action Plan) untuk menciptakan peran strategis universitas dalam mendukung pembangunan sosial dan ekonomi di wilayah kerjasama sub-regional.

UNINET-SAP sendiri telah di tanda tangani di Banda Aceh, 23 Mei 2017 oleh Rektor dan Vice Conselor dari ketiga negara dan merupakan komitmen kesiapan dari 24 Universitas di wilayah kerjasama IMT-GT untuk ikut mendukung kerja sama IM-GT. Hal ini juga membuktikan bahwa terjadi paradigma baru dalam kerja sama antar universitas berdasarkan keunikan dari jaringan antar universitas tersebut.

Hal yang sangat penting dan perlu digarisbawahiadalah para Menteri percaya bahwa UNINET dapat menunjukan kepemimpinan dalam mempromosikan people-to-people connectivity di dalam sub-region dengan tujuan membangun komunitas berbasis ilmu pengetahuan dengan kesempatan belajar dan pertukaran budaya. Hal ini adalah strategi utama yang dapat membantu memastikan pertumbuhan yang inklusif dalam wilayah IMT-GT.

Untuk mempertajam implementasi dari UNINET-SAP tersebut, Indonesia telah berhasil melaksanakan UNINET Coordination Meetingdan menentukan beberapa program kerja prioritas yang akan dilaksanakan selama 2 (dua) tahun ke depan. Hasil pembahasan ini akan dilaporkan pada the 24th IMT-GT Senior Officials’ Meeting dan juga pada forumthe 14th IMT-GT Chief Ministers and Governos’ Forum.

Beberapa hal yang disetujui dalam pertemuan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Setiap Universitas setuju untuk menjadi sponsor beasiswa bagi dua orang program Magister yang akan diberikan pada Universitas mitra kerja sama didalam anggota UNINET untuk meningkatkan kesempatan belajar di luar negeri.
  2. IMT-GT akan mencari informasi yang relevan dalam Varsity Carnivaldan akan digabungkan dalam Laporan UNINET kepada Pejabat Tinggi (Senior Officials)
  3. Berkenaan dengan program Green Cities Initiatives(GCI) yang akan diterapkan sebagai bagian dari program di bawah UNINET. Universitas akan melaksanakan program GCI di kampus masing-masing.
  4. Anggota rapat juga membahas pembuatan inventarisir profil Universitas. Hal ini berfungsi sebagai database untuk mendapatkan informasi anggota UNINET.
  5. Indonesia telah mengusulkan dua proyek usulan untuk mempelopori sebagaimana telah disebutkan dalam rencana strategis yaitu pengurangnan risiko bencana dan pengembangan agroindustri berkelanjutan.

Pertemuan ini juga telah berhasil menyepakati kerjasama 2 (dua) universitas dengan ditandatanganinya Letter of Intent(LoI) antara Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universitas Bangka Belitung (UBB) dengan disaksikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepualauan Bangka Belitung, Bapak Yan Megawandi.

 

 

 

 

Sumber Pengumuman: 
Panitia IMT - GT Tahun 2017 Kementerian Perekonomian RI
Tanggal Pengumuman: 
26 Sep 2017, 09:09