Sinergikan Program Kerja, Pemrov Babel Gelar Forum Konsultasi Publik

PANGKALPINANG- - Guna mensinergikan program pemerintah dengan kondisi perkembangan sosial ekonomi yang terjadi di masyarakat, maka dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) untuk tahun 2019, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Bappeda Babel pada Selasa (6/2)  bertempat di Ruang Pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur digelar forum konsultasi publik dengan sejumlah unsur mitra pemerintah daerah, mahasiswa, tokoh lembaga swadaya masyarakat, dan forum kemasyarakat.

Dalam sambutan Gubernur  Babel yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi dikatakan,  forum konsultasi yang diselenggarakan pemerintah dengan melibatkan publik selain guna dengar pendapat aspirasi masyarakat perihal isu-isu strategis menyangkut pembangunan Bangka Belitung. sekaligus sebagai merupakan upaya menjaga kesinambungan pembangunan terencana dan sistematis yang dilaksanakan terutama oleh pemerintah.

“Forum konsultasi publik ini diselenggarakan pemerintah untuk saling mengasih, mengasah dan mengasuh tentang konsep apa yang kira-kira akan dilakukan di sepanjang tahun 2019 nanti.  Tentu saja konsep-konsep yang akan disepakati itu merupakan hasil pertemuan usul dan saran dari seluruh komponen masyarakat  termasuk perencanaan yang sifatnya teknis birokratis yang juga merupakan arahan dari pemerintah pusat. Dalam hal ini kita menindaklanjuti rencana jangka menengah nasional (RPJMN) yang telah dicanangkan untuk wilayah Bangka Belitung," tutur Yan.  

Konsultasi penyusunan RKPD dijelaskan Sekda Babel juga sebagai merupakan upaya menjaga kesinambungan pembangunan terencana dan sistematis dari tingkat pemerintah pusat hingga level pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. “Forum konsultasi ini juga diarahkan untuk mengakselerasi dan mensinergikan dalam satu garis lurus bersama untuk mensukseskan pembangunan yang ada di dalam Nawa Cita dan tentu saja yang ada dalam visi misi gubernur dan wakil gubernur masa bakti 2017 – 2022 sebagaimana yang terjabarkan dalam RPJMD 2017-2022,“ jelas Yan.

Sasaran pembangunan ekonomi makro Kepulauan Bangka Belitung dan nasional untuk tahun 2019, mencakup upaya meningkatkan dan menjaga stabilitas ekonomi, pengendalian angka inflasi, serta upaya menciptakan lapangan kerja guna mengentaskan permasalahan kemiskinan dan ketenagakerjaan, pengembangan pembangunan agropolitan, pengembangan pariwisata, peningkatan ekonomi masyarakat, pengembangan energi dan infrstuktur kewilayahan serta pembangunan birokrasi merupakan tematik yang dibahas dalam dengar pendapat dalam memformulasikan rencana program kerja yang akan dilaksanakan pemerintah.

Turut hadir dan sekaligus sebagai narasumber dalam forum konsultasi siang itu, Deputi Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Edi Rahmanto, Kepala Badan Pusat Statistik Bangka Belitung Darwin Sitorus, Kepala Bappeda dan Statistik Ferry Insani, perwakilan BI serta perwakilan bidang perencanaan dari OPD di lingkungan Pemprov Babel. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Lulus (Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah)
Editor: 
Irwanto