SMA 1 Tanjungpandan Dikunjungi 7 Pemuda AIESEC

TANJUNGPANDAN- - Setelah enam hari mengeksplorasi keindahan objek wisata di Pulau Belitung, pemuda yang tergabung dalam organisasi AIESEC pada Jumat (9/2) mengadakan kegiatan kunjungan sekaligus saling bertukar informasi guna mengenal perihal budaya antar negara khususnya budaya di Pulau Belitung dengan pelajar.

SMA 1 Tanjungpandan Belitung adalah sekolah yang menjadi kunjungan pemuda AIESEC. Kegiatan kunjungan ke sekolah pun diawali dengan pengenalan budaya dari negara-negara pemuda organisasi AIESEC berasal.

Seperti yang diungkapkan oleh Fenny salah satu siswa SMA 1 Tanjungpandan, yang mana kelasnya mendapatkan informasi mengenai budaya dari pemuda AIESEC yang berasal dari Cina yakni Ema.

"Menarik tadi informasinya, tadi ditampilkan dan perkenalkan mengenai kondisi sosial budaya negara Cina seperti kondisi wilayah geografis di sana, mata uang yang berlaku di negaranya, dunia pendidikan, dan olahraga yang paling banyak digemari pemuda di sana," jelas Fenny.

Kegiatan pengenalan budaya antar negara ini juga seperti yang dilakukan oleh Xiou Jue Gan dari negara Malaysia, dimana dalam kesempatan siang itu memperkenalkan negara Malaysia dengan menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia.

Sementara itu pemudi perwakilan dari korea selatan, Jimin Song memperkenalkan negaranya dengan menjelaskan dari unsur bahasa, kesenian, pakaian khas negaranya dan budaya populer yang menjadi trend di kalangan anak muda di korea selatan. menjelaskan mengenai budaya dari negara para pemuda AIESEC itu berasal, dalam kesempatan tersebut para siswa pun bertanya mengenai tanggapan para pemuda AIESEC setelah berada di Belitung. Pulau Belitung yang nyaman serta keindahan objek wisata alam khususnya keindahan pantai di pulau Belitung diungkapkan oleh Jimin Song saat mendapatkan pertanyaan dari siswa mengenai pulau Belitung yang telah mereka kunjungi selama 6 hari.

Sementara itu respon positif atas kunjungan pemuda AIESEC pun disampaikan oleh Jawardi selaku wakil kepala sekolah SMA 1 Tanjungpandan. Banyaknya informasi yang bisa didapatkan oleh para siswa mengenai budaya, dunia pendidikan serta pariwisata dari negara-negara pemuda IESEC berasal.

"Kami menyambut antusias atas kedatangan para pemuda yang tergabung dalam AIESEC dimana para siswa mendapatkan informasi secara langsung dari para pemuda tersebut mengenai budaya, pendidikan yang ada di negara mereka berasal, dan ini tentunya akan menambah pengetahuan siswa," ungkap Juwardi.

Setelah selama tiga jam menyampaikan pertukaran informasi budaya, rombongan pemuda AIESEC melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi galeri UMKM Belitung.  Untuk kegiatan eksplorasi objek wisata Pulau Belitung akan dilanjutkan  pada tanggal 10 Februari yang direncanakan akan berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang serta menyebrang ke Pulau Lengkuas yang ada di Tanjung Tinggi. Demikian dikatakan  Anika selaku Koordinator Pemuda AIESEC dari  UNILA.

.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Irwanto