Sonia Fergina Citra Asal Babel Raih Juara Putri Indonesia 2018

Jakarta – My mother is tough woman. We have disagreements sometimes, but I believe deep in my mother’s heart, there is forgiveness. Ibu adalah sosok yang kuat. walau pun kami kerap berbeda pendapat, tapi saya percaya jauh di dalam hati ibu saya ada pengampunan. 
Demikian jawaban tentang hubungannya dengan ibu yang dituturkan Sonia Fergina Citra, finalis Puteri Indonesia 2018 asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menjawab pertanyaan pamungkas yang diberikan oleh Miss Universe 2017, Demi Leigh Nei Peters, di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Jum’at (9/3/2018).

Jawaban ini mengantarkan Sonia meraih Juara 1 Puteri Indonesia 2018. Sonia yang mendapat kesempatan pertama, memilih menjawab dalam bahasa Inggris. Sementara dua finalis lainnya, Wilda Octaviana Situngkir asal Kalimantan Barat menjawab, “Ibu adalah sosok yang melahirkan saya. Meski sudah pergi, saya percaya bahwa dia menonton saya. Ini menjadi hasil perjuangan ibu saya hingga saya sampai di sini," ujar Wilda.

Sedangkan Vania Fitryani asal Banten memberikan jawaban bahwa ibu merupakan sosok yang selalu menguatkannya. “Setiap saya terjatuh, ibu adalah orang pertama yang mengangkat saya lebih tinggi. Pertengkaran dan perselisihan bukan jadi rintangan. Justru yang kami ambil adalah yang terbaik bagi kami,” jawab Vania.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ahmad Rivai mengatakan bahwa peraihan ini memberikan satu konstribusi prestasi lagi bagi Bangka Belitung.
“Peraihan ini tidak hanya menjadi kebanggan besar bagi kita. Setelah sekian tahun, akhirnya Bangka Belitung kembali meraih sebagai Juara 1 Puteri Indonesia. Hal ini menorehkan satu prestasi, khususnya bagi Sonia dan tentunya bagi Bangka Belitung,” kata Rivai.

Rivai juga menyebutkan bahwa malam grand final ini menjadi suatu momentum yang menggaungkan nama Bangka Belitung, baik nasional mau pun internasional.

“Ini suatu momentum bagi kita. Berbagai media massa akan mengabarinya, bahkan kemungkinan tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga sampai di mancanegara. Nah, hal ini secara otomatis akan menggaungkan juga nama Bangka Belitung yang sedang menggiatkan promosi pariwisatanya,” kata Rivai.

Rivai berpesan agar Sonia tetap rendah hati dan berjiwa besar untuk meghadapi segalanya, termasuk persiapan menuju Miss Universe 2018 nanti. Menurutnya, menjalani setiap proses dengan sebaik-baiknya merupakan hal terbaik yang dapat diberikan. Sehingga setiap kerja keras yang kita berikan memiliki makna yang jauh lebih besar.

Dalam gelaran bergengsi ini, Sonia juga meraih gelar sebagai Puteri Indonesia Intelegensia 2018 diikuti Runner Up 1 sekaligus Puteri Indonesia Lingkungan Vania Fitryani, dan Runner Up 2 sekaligus Puteri Indonesia Pariwisata Wilda Octaviana Situngkir, serta Puteri Indonesia Perdamaian diraih oleh finalis asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mahkota resmi disematkan oleh Putri Jelita Ibrani, Puteri Indonesia 2017, disaksikan 39 finalis yang telah berjuang sejak di tingkat provinsi hingga masa karantina Puteri Indonesia 2018 di Jakarta yang dimulai 28 Februari 2018 lalu.

Sejumlah dewan juri Puteri Indonesia 2018, terdiri dari Kusuma Dewi Susanto, Puan Maharani, Bambang Soesatyo, Imam Nahrawi, Jhoni Darmawan, Kezia Warouw, Ryo Mori, Triawan Munaf, dan Mega Angkasa.

Grand final Putri indonesia 2018 semakin istimewa dengan hadirnya 2 “ratu kecantikan dunia” lainnya, yakni Miss Supranational 2017 Jenny Kim dan Miss International 2017 Kevin Liliana.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Fotografer: 
Rafiq Elzan