Sosialisasi E-Commerce Kembali Dilaksanakan Di Belitung Timur

MANGGAR - Sosialisasi e-commerce kembali dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Manggar, Kabupaten Belitung Timur pada Jumat (10/11/2017). Sosialisasi yang ditujukan bagi para pelaku industri ini merupakan sosisalisasi kedua setelah sosialisasi pertama diadakan di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung. 

Maksud dan tujuan sosialsisai ini adalah memberi pengetahuan dan fasilitasi pelaku industri akan teknologi informasi di Kabupaten Belitung Timur.Setidaknya 40 peserta undangan hadir dalam sosialisasi dan merupakan pelaku industri dari berbagai kecamatan di Belitung Timur. Pelaku industri tersebut diantaranya industri pangan, batik, kerajinan kerang hingga rajutan, piwter dan sebagainya.

Suryati, Kepala Bidang Pengembangan, Pemberdayaan, Fasilitasi dan Akses Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan sebagai target sosialisasi e-commerce tahun 2017 ini berada di 5 (lima) wilayah, diantaranya Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Bangka Tengah, Bangka dan Kota Pangkalpinang.

"Setelah Belitung dan Belitung Timur, kami akan melanjutkan sosialisasi ini bagi pelaku industri di 3 (tiga) Kabupaten/ Kota lainnya," ungkap Suryati.

Suryati juga mengatakan bahwa narasumber yang dihadirkan untuk memfasilitasi pelaku Industri disini tidak hanya dari Pemerintah Provinsi saja, tetapi juga dari Pemerintah Kabupaten Belitung Timur hingga dari Perusahaan Amerika  yang akan mengisi materi tentang Boomer Marketing. "Manfaatkan narasumber-narasumber yang ada untuk menambah ilmu penjualan secara online bagi bapak/ ibu sekalian," ungkap Suryati.

Menurut Suryati ada teknik berdagang online yang akan disampaikan kepada para pelaku industri. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi diharapkan para pelaku usaha harus mengembangkan sistem pemasaran secara online di era sekarang ini. 

Dalam sosialisasi juga disampaikan materi dan praktek pembuatan website melalui aplikasi Boomer Marketing yang sama seperti yang disampaikan di Kabupaten Belitung. Antusiasme peserta juga cukup baik seperti yang terjadi saat sosialisasi di Kabupaten Belitung.

Menurut Indra, salah seorang narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, respon peserta begitu cepat untuk menggunakan Boomer Marketing. "Kami lakukan pengecekan penggunaannya hingga sekarang penggunanya cukup banyak," ungkap Indra di sela pelaksanaan sosialisasi. Selain itu menurut Indra pengguna Boomer Marketing ini sudah banyak mengupdate isi websitenya untuk promosi penjualan produk UMKM.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Nonadp