STQ Provinsi Ke-X Diselenggarakan di Masjid Al-Ittihad Sungailiat - Bangka

SUNGAILIAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung DR.Yan Megawandi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an ke-X tingkat Provinsi Bangka Belitung, Selasa (02/05/2017) di pelataran halaman masjid Al-Ittihad Sungailiat Kabupaten Bangka.

Acara pembukaan diawali dengan hiburan Qasidahria Hadra dari Muslimah Nadhatul Ulama Kabupaten Bangka, dilanjutkan dengan Pembacaan kalam Ilahi Oleh Qori Muhammad Sukra dan Qoriah Mutiah Anjasmara persembahan dari Polres Bangka.

Dalam sambutannya, Yan Megawandi , mengucapkan selamat datang kepada Dewan Hakim hingga dapat mengikuti seleksi ini dengan sebaik baiknya, serta Gubernur mengucapkan syukur kepada Allah SWT dimana pelaksanaan STQ tingkat Provinsi ke-X tahun 2017 pada tahun ini dapat terlaksana di pelataran masjid Al-Ittihad Sungailiat.

Pada umumny STQ diselenggarakan di Ibukota Provinsi namun khusus tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Bangka dan tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun yang akan datang STQ tingkat Provinsi dapat di laksanakan di Kabupaten/Kota lainya, dan hasil dari STQ tingkat Provinsi ini dapat mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada STQ Tingkat Nasional di Tarakan Kalimantan Utara.

“Kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan, saya mengharapkan agar dapat mencurahkan waktu dan pikiran untuk suksesnya acara ini, terlebih bagi peserta saya berharap untuk dapat menampilkan diri semaksimalkan mungkin danmengeluarkan segenap kemampuan demi menghasilkan yang terbaik, yang pada akhirnya nanti keluar sebagai juara dan mewakili Provinsi Bangka Belitung di tingkat Nasional,” ungkap Yan.

Sekda Babel juga menyampaikan Al Qur’an adalah Firman Allah SWT untuk disampaikan kepada umat manusia melalui rasulnya Muhammad SAW, dan menyampaikan pesan-pesan moral dalam tatanan kehidupan kita sehari har,serta sebagai pegangan hidup dunia dan akhirat.

Sementara itu Ketua pelaksana STQ Provinsi ke-X Haryoso mengutarakan tujuan pelaksanaan STQ yakni meningkatkan kemampuan membaca, memahami dan mengamalkan serta untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al Qur’an juga meningkatkan tali silaturahmi antar umat Islam.

Tema yang diambil pada STQ Provinsi ke-X tahun ini yakni Melalui Seleksi Tilawatil Qur’an ke-X Kita Tingkatkan Kualitas Pemahaman dan Pengamalan Al-Qur’an Menuju Masyarakat Yang Berakhlak dan Berkarakter.

Kegiatan STQ Provinsi ke-X direncanakan akan dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 2 Mei dan berkahir pada 6 Mei 2017 dengan kategori perlombaan yaitu Saritilawah Alqur’an Anak-Anak dan Dewasa Putra Putri, Hafiz Alqur’an Golongan Satu Juz, Lima Juz, Sepuluh Juz, Dua Puluh Juz dan Tiga Puluh Juz Putra dan Putri.

Seluruh kafilah akan diberikan akomodasi, konsumsi dan transportasi lokal, sedangkan pemenang akan diberi tropi dan uang pembinaan. Dalam STQ ini tujuh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut berpartisipasi.

Hadir pada acara pembukaan STQ Provinsi ke-X tersebut yakni Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,Tokoh Masyarakat dan Ulama, TNI / POLRI dan POL-PP Bangka, serta unsur yang terkait. dan diakhir acara pembukaan menampilkan Halpa oleh Trio Dewan Hakim. (MA)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Muhammad Anshori
Fotografer: 
Muhammad Anshori