Sudarman Harap LKBN ANTARA Dapat Penuhi Informasi yang Berkualitas

PANGKALPINANG - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS), pada Selasa (13/03) di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam - Pangkalpinang. Perjanjian kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut terhadap Nota Kesepahaman (MoU) antara Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dengan Direktur Utama LKBN ANTARA yang telah ditandatangani pada 6 Maret 2018 lalu dan disaksikan Menteri Kominfo Rudiantara.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman mengatakan bahwa perjanjian kerjasama yang telah ditandatangi ini merupakan wujud nyata dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mempercepat penyampaian informasi pembangunan kepada masyarakat Bangka Belitung. "Saya berharap bahwa LKBN ANTARA mampu menyampaikan informasi pembangunan secara berkelanjutan tentang program dan kinerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus mengedukasi masyarakat Bangka Belitung tentang suatu informasi dan berita yang berkualitas serta bermanfaat," kata Sudarman.

Menurut Sudarman, bentuk kerjasama ini sebagai bagian dari keterbukaan informasi publik, dimana masyarakat berhak mendapatkan akses informasi publik tentang kinerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. "Karena tuntutan perundang-undangan, seluruh kebijakan dan program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung wajib disampaikan secara luas melalui kanal dan media yang tersedia. Tujuannya agar masyarakat dapat menilai dan memahami sejauh mana kinerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diharapkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan feedback dan masukan yang konstruktif dari masyarakat tentang kinerja Pemerintah Daerah," ujar Sudarman.

Kepala Biro LKBN ANTARA Wilayah Bangka Belitung, Riza Mulyani mengungkapkan bahwa kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu langkah strategis dalam menyebarluaskan informasi pembangunan di Bangka Belitung. Menurut Riza, LKBN ANTARA akan memfokuskan pemberitaan yang berimbang dan berkualitas dengan tetap mengedepankan asas-asas kepatutan dari jurnalistik."Selain penyebarluasan informasi, LKBN ANTARA siap untuk membantu meningkatkan kualitas Pranata Humas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung supaya mereka dapat menjadi garda terdepan dalam menggarap isu-isu publik yang aktual di masyarakat," jelas Riza.

Riza juga menyatakan LKBN ANTARA akan memberi ruang kepada seluruh Pranata Humas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar dapat menyampaikan berita ke kanal yang dimiliki oleh LKBN ANTARA. Selain itu juga Riza menyatakan LKBN ANTARA akan melakukan liputan khusus terhadap agenda pembangunan di Bangka Belitung yang berskala nasional. "Karena LKBN ANTARA  berkomitmen membantu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mempromosikan Bangka Belitung ke kancah nasional dan internasional," ujar Riza.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian