Sunaryo: Tingkatkan Kualitas Berita Media Center

Pontianak – Tim Media Center (MC) didorong meningkatkan kualitas maupun kuantitas berita yang dikirim ke Infopublik.id. Hal ini untuk mengimbangi bantuan yang telah diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. Tak hanya itu, sebab kementerian juga terus berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia MC di daerah.

Sunaryo Direktur Pengelolaan Media Publik Dirjen IKP Kemenkominfo mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia MC ini merupakan yang kedua kalinya digelar di Pontianak. Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas berita yang dikirim tim MC daerah ke Infopublik.id.

"MC di daerah harus berkontribusi dalam berita dan foto untuk Infopublik.id," katanya saat membuka Bimtek Tata Kelola Media Center untuk Petugas Pengelola Media Center Daerah di Hotel Mercure, Pontianak, Rabu (20/5/2015).

Dijadwalkan pelaksanaan Bimtek selama tiga hari terhitung tanggal 20 hingga 22 Mei 2015. Sedikitnya terdapat 220 media center provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia mengikuti kegiatan ini. Media center diharapkan menjalankan fungsi menyebarluaskan informasi kepada publik, karena sarana media center dimanfaatkan publik untuk memperoleh informasi.

Berita yang dikirim ke Infopublik harus memenuhi kaidah dan kriteria jurnalisme. Ia menambahkan, berita yang tidak memenuhi unsur jurnalistik dan hanya bersifat seremonial tidak akan di upload ke Infopublik.id. Bimtek bertujuan meningkatkan kemampuan pengelola MC menulis berita pada media online. Sebab ke depan peran tim MC semakin besar, karena tidak hanya melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi.

“Tim MC harus melakukan analisa terhadap media massa terkait tren-tren isu yang berkembang. Selain itu melakukan analisis konten media, analisis isu publik. Media center tidak hanya berfungsi menyampaikan informasi kepada publik, sebab bisa menyelenggarakan dan memfasilitasi jumpa pers antara pejabat dengan pihak media,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Hypolitus Kepala Sub Direktorat Media Online Kemenkominfo. Menurutnya, digelarnya Bimtek Tata Kelola MC di Pontianak bertujuan meningkatkan mutu pemberitaan di media-media center seluruh Indonesia. Selain itu dapat membangun kerja sama dengan Infopublik.id untuk memajukan bangsa melalui pemberitaan.

“Bimtek ini diikuti 56 peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia,” paparnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Huzari